Sariawan pastinya menjadi salah satu keluhan yang pernah diderita oleh hampir semua orang, termasuk juga anak-anak. Namun, keluhan yang umum adalah sariawan di bagian bibir. Tapi ada juga lho jenis sariawan lainnya yakni yang berada di lidah. Sariawan seperti ini sangat mengganggu tentunya dimana bisa sebabkan kondisi yang perih, tidak enak serta menyakitkan. Selain itu, penderitanya juga akan menurun indra perasanya.

 

Sebetulnya sariawan bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari luka di lidah, perubahan hormon, kebiasaan merokok, hingga efek samping obat dan bahkan karena penyakit serius misalnya HIV dan kanker. Wah, bahaya juga ya. Namun, dari sekian banyak kasus, sariawan di lidah umumnya terjadi karena adanya infeksi di mulut dan penyebabnya adalah jamur. Biasanya sariawan dapat dikenali dengan bentuknya yakni luka dengan selaput keputihan.

 

Pemakaian obat antijamur

Entah mengapa banyak sekali penderita sariawan memilih obat antijamur untuk mengobati sariawan di lidah. Padahal, umumnya sariawan tidak disebabkan karena infeksi jamur dan sebetulnya bisa membaik sendiri dengan kurun waktu 2 minggu. Tapi jika sariawan memang disebabkan oleh infeksi jamur, maka pemakaian obat antijamur sangat direkomendasikan sehingga bisa hentikan pertumbuhan jamur. Obatnya bisa berbentuk tablet atau cair.

 

Bukan hanya orang dewasa, tapi bayi juga bisa terkena sariawan di lidah ini. Tentunya sangat menyiksa. Nah, pengobatan untuk bayi yang masih minum ASI adalah dengan krim antijamur yang juga diberi ke payudara Ibu. Cara ini dilakukan demi bisa mencegah infeksi yang berulang. Ketika sariawan tak junjung membaik, maka sebaiknya perawatan dari dokter dibutuhkan. Dengan demikian penyebab pasti juga bisa dipastikan.

 

Perawatan sariawan secara mandiri

Nah, bagi kamu yang sedang sariawan maka bisa juga dengan meringankan dan bahkan menyembuhkannya sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Sikatlah gigi kamu dua kali dalam sehari. Ini dilakukan demi bisa menjaga kebersihan mulut. Apabila perlu, pakailah benang gigi sekali setiap harinya. ketika terkena infeksi jamur, ada baiknya ganti sikat gigimu dan hindari menggunakan sikat gigi bersama dengan orang lain.
  • Hindari obat kumur atau spray. Ini dilakukan untuk hindari pertumbuhan dari flora normal pada mulut kecuali memang direkomendasikan dokter dalam mengatasi kondisi yang khusus.
  • Berkumurlah menggunakan air garam. Caranya, campurkanlah ½ sendok teh garam ke satu cangkir air yang hangat. Kumurlah dengan campuran itu beberapa waktu lalu buang. Kamu bisa berkumur menggunakan air garam 3 hingga 4 kali dalam sehari dan bahkan lebih juga boleh.
  • Banyak-banyak minum air putih. Jika terasa sakit, maka minum memakai sedotan.
  • Pilih makanan lembut yang tak perlu banyak dikunyah. Contohnya es krim atau agar-agar.
  • Konsumsilah yoghurt tanpa pemanis dimana bisa mengembalikan bakteri yang baik di tubuh.
  • Untuk sementara batasi asupan gula dan juga produk yang memiliki kandungan ragi misalnya roti, bir hingga wine. Hal ini demi meminimalisir pertumbuhan bakteri yang mungkin kian menjadi dengan adanya ragi dari asupan yang kamu makan.

Baca Juga :

Ternyata Ini Penyebab Sariawan Tanpa Kita Sadari

Sembuhkan Sariawan Dengan Cepat Menggunakan Tips Berikut Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Konsumsi Air Jeruk Nipis Untuk Diet, Efektifkah?

Jeruk nipis menjadi buah yang sangat dikenal karena