Memulai gaya hidup vegan pastinya sangat menantang dan penuh godaan. Apalagi jika kamu adalah tipe yang doyan makan-makanan enak dan berdaging. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba dan mengadaptasi gaya hidup ini. Selain lebih sehat, gaya hidup vegan memang membawa pengaruh bagi kelestarian lingkungan dan kelayakan nasib hewan-hewan ternak. Memang awalnya terasa sangat berat dan sia-sia, hanya saja pikirkan apa yang bisa kamu capai dari komitmen yang sudah kamu ambil. Jika memang kamu terpanggil, berikut beberapa tips yang dapat membantumu menjalaninya.

1. Mencintai kacang

Kacang adalah snack yang lezat, mengenyangkan dan juga bergizi tinggi. Kamu bisa menggunakan kacang untuk memuaskan kebiasaan ngemil dan menunda lapar. Banyak kacang-kacangan yang bisa kamu coba seperti almond panggang, walnut, kacang tanah, kacang merah dan lainnya. Kamu juga bisa menggunakan kacang sebagai topping yogurt, salad dan sayur-sayuran. Tetapi ingat, tetap batasi konsumsinya jika kamu tidak ingin terkena penyakit lainnya karena terlalu banyak memakan kacang.

2. Mencoba makanan baru

Ini adalah kesempatanmu untuk mencoba sayur-sayuran aneh yang selama ini kamu penasaran. Tidak ada salahnya karena siapa tahu sayuran tersebut rasanya enak dan bergizi. Selain itu, gaya hidup vegan membuatmu lebih kreatif dalam mengolah makanan. Siapa bilang kamu tidak bisa membuat makanan enak dari jamur dan kentang. Untuk mengkompensasi rasa, bisa menggunakan bumbu-bumbu eksotik dalam masakanmu. Jika memang kamu benar-benar tertarik ikuti kelas masak khusus vegan atau rajin-rajin mencari resep di internet.

3. Memanggang bahan-bahan

Cara masak yang menyenangkan untuk menjalani gaya hidup vegan adalah dengan memanggang. Bukan cuma daging saja yang enak untuk dipanggang, tetapi sayuran dan buah juga lho. Bahkan bawang putih yang dipanggang dengan sedikit minyak zaitun dan garam saja bisa terasa lebih enak. Beli lah alat memanggang yang bagus yang biasanya digunakan untuk memanggang burger untuk memudahkan memanggan masakanmu. Cobalah cara masak ini untuk menceriakan menu vegan dan membuatnya bervariasi.

4. Pilih sayuran dan buah warna warni

Setiap warna buah dan sayuran memiliki kandungan nurisi dan vitamin yang berbeda. Agar kamu tetap bugar dan berenergi saat menjalani gaya hidup vegan, pilihlah menu dengan yang berwarna-warni. Semakin lengkap variasi warnanya, maka semakin bergizi menu makanan yang kamu pilih. Cara ini juga sangat baik untuk mereka yang ingin berdiet dan mencukupi kebutuhan tubuh akan sayuran.

5. Kreatif membuat jus dan smoothie

Jus dan smoothie juga merupakan pilihan menu sarapan dan snack yang bisa diandalkan. Dalam memulai gaya hidup vegan, tidak ada salahnya membeli juicer yang bagus untuk membuat smoothie buah dan sayuran setiap hari. Usahakan untuk mengkonsumsi hasil jus dan smoothiemu dalam keadaan segar agar mereka tidak kehilangan mineral dan vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan