Wajah mulus nan bersih pastinya jadi idaman untuk semua wanita. Tak heran jika wanita bersedia untuk mengeluarkan uang yang tak sedikit demi bisa mendapatkan wajah mulus demikian. Ya, perawatan di salon, klinik kecantikan, hingga berkunjung ke dokter khusus pastinya sudah jadi jadwal rutin untuk para wanita masa kini. Padahal perawatan kecantikan juga boleh dilakukan di rumah lho ladies.

 

Salah satu masalah yang kerapkali menimpa wajah para wanita yakni munculnya komedo. Komedo memang menjadi masalah sejuta umat, tapi tetap saja menyebalkan sekali pastinya. Komedo pastinya mengganggu penampilan sehingga tak heran jika tangan rasanya gemas sekali untuk memencetnya. Sebetulnya para wanita pun tak ingin memencetnya, tapi apalah daya karena saking sebalnya dengan komedo ini sehingga tangan seolah refleks saja memencetnya.

 

Dampak negatif memencet komedo

Namun, kamu pasti tahu jika memencet komedo bukan cara bijaksana untuk mengatasi masalah komedo ini. Ada banyak sekali efek negatif yang bisa kamu alami mulai dari berpotensi untuk berjerawat lebih parah hingga kulit wajah yang terluka dan perdarahan. Semua itu akan bisa makin parah jika tangan yang kamu pakai memencet komedo itu sedang dalam kondisi kotor. Bisa-bisa bakteri dan kuman menjadi masuk ke pori kulit dan memberikan masalah lebih kompleks lho.

 

Tips memencet komedo sendiri minim risiko

Nah, pastinya kamu penasaran tentang bagaimana cara untuk memencet komedo tapi dengan minim atau bahkan tanpa risiko sama sekali. Jika demikian, maka berikut ini beberapa tips yang wajib kamu ketahui:

 

  • Pencetlah komedo ketika kondisi kulit sedang bersih

Langkah yang pertama ini benar-benar wajib kamu perhatikan lho ladies. Kamu hanya diperkenankan memencet komedo saat kondisi kulit sedang bersih, bebas make up, tanpa minyak berlebih dan juga debu. Untuk itu bersihkan wajahmu dulu dan lanjutkan untuk mengaplikasikan pelembab di kulit agar tidak kering.

  • Steam wajah

Agar ekstraksi komedo bisa lebih mudah, maka ada baiknya kamu lakukan steam wajah lebih dulu. Kamu tak harus membeli alat steam wajah kok karena bisa juga pakai uap dari air panas. Kamu juga bisa melakukannya usai mandi air panas sehingga lebih simpel. Kulit akan cenderung lebih melembut jika kamu melakukan steam.

  • Pencet komedo

Jika kamu merasa steam sudah bekerja dan lumayan melunakkan kulit kamu, maka kamu bisa langsung beraksi untuk memencet komedomu. Kamu bisa menggunakan alat pemencet biasa yang ada di toko. Awali dengan mencuci alat tersebut sampai bersih. Posisikan komedo di lubang alat pemencet itu lalu tekan. Jika tidak ada alatnya, maka pakai jari juga boleh kok. Tapi, tangan wajib sudah benar-benar bersih lho ya. Hindari memencet dengan kuku. Cukup lapisi jari telunjuk dengan tisu lalu mulai pencet dari arah berlawanan.

  • Bersihkan seluruhnya

Jika komedo sudah selesai dipencet, maka segera bersihkan wajah menggunakan pembersih yang gentle. Untuk menghindari merah-merah usai pencet-memencet, maka kamu bisa aplikasikan gel aloe vera sehingga lebih menenangkan. Kamu juga bisa pakai masker agar kulit terasa lebih adem.

 

Baca Juga :

Kenapa Ya Komedo Mudah Sekali Muncul Di Hidung? Cari Tahu Yuk!

Pore Strip Bisa Jadikan Komedo Tambah Banyak, Benarkah Demikian?

Wajib Tahu! Ini Lho Bahaya Memencet Komedo

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ide Christmas Nail Art 2019

Tidak terasa kita telah sampai pada penghujung tahun,