Pengen turun 5 kg dalam waktu sebulan? Rasanya memang seperti sebuah hal yang sangat menantang dan bahkan bisa cenderung mustahil saat harus mencapai gol seperti ini. Namun, memastikan bahwa kamu bisa melakukannya secara perlahan-lahan tetapi terus teratur dengan membuat modifikasi-modifikasi kecil pada diet dan gaya hidupmu bisa membuat program dietmu menjadi jauh lebih mudah dikelola. Dengan membuat beberapa perubahan kecil pada rutinitas dietmu, kamu bisa dengan aman turun 4 kg dalam sebulan saja. Bagaimana caranya? Ini yang harus kamu lakukan!

Lakukan lebih banyak kardio

Olahraga aerobik, atau yang disebut sebagai kardio, adalah sebuah jenis aktivitas fisik yang meningkatkan laju detak jantungmu sehingga kamu membakar lebih banyak kalori dan memperkuat detak jantung dan kinerja paru-parumu. Menambahkan kardio pada rutinitasmu adalah salah satu cara yang efektif untuk dengan cepat menurunkan berat badanmu. Bahkan, sebuah  studi pada orang dewasa yang mengalami obesitas menunjukkan bahwa mengkombinasikan 40 menit latihan kardio tiga kali seminggu dengan diet untuk turun 5 kg ternyata bisa menurunkan berat tubuh dalam waktu enam bulan. Membakar 400 hingga 600 kalori lima kali sehari bisa membuat berat badanmu jadi turun dengan teratur. Lakukanlah setidaknya 20 hingga 40 menit olahraga kardio tiap harinya. Berjalan, jogging, bersepeda, dan berenang adalah beberapa contoh caranya.

Pangkas konsumsi karbohidrat terproses

Memangkas konsumsi  karbohidrat adalah satu lagi cara sederhana untuk  meningkatkan kualitas dietmu dan membantumu turun 5 kg satu bulan. Ini sangat menguntungkan untuk mengurangi konsumsi karbohdrat terproses, yang merupakan jenis karbohidrat yang sudah tidak memiliki zat gizi dan serat pada saat pemrosesannya.  Bukan hanya karena karbohidrat terproses tinggi kalori dan rendah zat gizi, tetapi karena ini diserap dengan sangat cepat ke dalam aliran darah, membuat gula darahmu jadi meningkat dan kamu jadi merasa lapar. Ini akan membuat berat badanmu jadi naik.

Mulailah menghitung kalori

Saat kamu ingin turun 5 kg dalam sebulan, kamu harus menggunakan lebih banyak kalori dari yang kamu konsumsi, baik dengan menurunkan konsumsi kalorimu atau dengan meningkatkan aktivitas fisikmu. Menghitung kalori bisa membuatmu jadi bertanggung jawab dan lebih sadar terhadap bagaimana dietmu mempengaruhi penurunan berat badanmu. Namun, memangkas kalori saja tidak akan jadi strategi yang berkelanjutan untuk penurunan berat badan jangka panjang, jadi pasangkanlah dengan modifikasi diet dan gaya hidup.

Pilih minuman yang lebih baik

Selain mengubah makanan, saat kamu ingin turun 5 kg, kamu juga harus memilih minuman yang lebih baik. Ini adalah cara yang sederhana namun sangat efektif untuk mengurangi berat badan. Soda, jus, dan minuman berenergi seringkali begitu kaya gua dan kalori ekstra yang seiring waktu bisa berkontribusi pada kenaikan berat badan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mual Saat Menstruasi Bisa Diatasi Dengan Cara Ini Ladies

Menstruasi menjadi hal alami yang terjadi pada tubuh