Masalah yang muncul di wajah memang amat sangat banyak mulai dari wajah berminyak, berjerawat, noda merah hingga masalah penuaan. Tak hanya karena penggunaan kosmetik, skin care hingga polusi saja, tapi juga dari segi keseimbangan pH yang ada di kulit wajah. Hal ini karena keseimbangan pH kulit wajah berpengaruh besar pada kesehatan kulit lho.

 

Mengenal tentang pH kulit

pH adalah ukuran yang dipakai dalam menunjukkan kadar keasaman ataupun kealkalian kulit. Perlu diketahui jika kadar pH ini amat penting bagi kulit dan memberi pengaruh yang besar. Umumnya kadar pH ditandai adanya jumlah tekanan Hidrogen atau ion H+ dan dapat diukur memakai pH meter. Kian tinggi pH manusia maka kadarnya adalah alkaline. Namun, jika kadarnya rendah maka bisa masuk golongan asam. Untuk baiknya, kadar pH adalah harus seimbang.

 

Mengapa pH kulit harus seimbang?

pH alami kulit sendiri terbentuk dari asam lemak dan juga asam amino dari kulit dan juga sekresi minyak pada kulit sehingga bisa hasilkan acid mantle. Acid mantle ini fungsinya adalah melindungi kulit dari kotoran dan polusi sehingga bisa kurangi terjadinya infeksi yang menjadikan kulit terasa lembab dan lembut. Selain itu acid mantle ini bisa jadi pertahanan bagi kulit dalam melawan segala bentuk bakteri serta semua gangguan, termasuk juga yang asalnya dari luar tubuh. Untuk pH seimbang adalah di kisaran angka 4 hingga 6,5. Apabila perawatan wajah yang kamu lakukan bisa jadikan pH seimbang, maka tak hanya kulit saja yang akan sehat melainkan juga tubuh tak akan terganggu lho.

 

Jika pH tidak seimbang

Kamu sudah tahu apa efek ketika pH seimbang. Tentunya kamu juga ingin tahu dong apa yang akan terjadi ketika pH tidak seimbang. Jika kadar pH adalah rendah, maka artinya kulit kamu dalam kondisi asam. Jika pH rendah, maka akan bisa berpotensi muncul jerawat di kulit, kulit pun jadi berminyak, inflamasi dan merah hingga terasa sakit saat kamu sentuh.

 

Bukan hanya pH rendah saja yang bisa jadikan bermasalah. Ketika pH kamu terlalu tinggi juga bisa jadi masalah lho dimana kondisi kulit kamu adalah basa. Hal ini bisa jadikan kulit kamu terasa kering, sensitif hingga rentan dengan berbagai gangguan misalnya eksim. Tak hanya itu, pH kulit ketika dalam kondisi basa maka bisa muncul tanda penuaan dini misalnya keriput dan garis halus. Kamu pasti nggak mau dong.

 

Perawatan demi pH yang seimbang

pH yang seimbang bukan bisa didapatkan dengan begitu saja lho. Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan misalnya dengan menghindari produk dengan kadar pH terlalu rendah atau terlalu tinggi. produk pembersih sabun dengan kandungan asam tinggi biasanya bisa jadi hancurkan keseimbangan dari pH sehingga kamu harus menemukan yang tepat.

 

Selain itu, kamu harus pastikan untuk tidak terlalu banyak memakai kosmetik dengan bahan kimia yang bisa rusak keseimbangan pH. Apabila memang perlu, kamu bisa ganti produk kosmetik dengan bahan alami sehingga pH di kulit seimbang dan kulit pun sehat.

 

Baca Juga :

Mau Wajah Tampah Segar? Coba Warna-Warna Berikut

Kebiasaan Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Buat Wajahmu Beruntusan Lho

Stop Sekarang! Ini Tandanya Kosmetik Tidak Cocok Dikulit Wajahmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Perbedaan Whitehead Dan Milia Serta Cara Penanganannya

Untuk wanita, kulit merupakan sebuah investasi sehingga tak