Wanita memang memiliki keistimewaan tersendiri dimana terdapat siklus bulanan yang hadir pada tubuhnya. Ya, siklus haid. Saat haid datang, mungkin yang dirasakan semua wanita hampir sama yakni rasa sakit di beberapa bagian tubuh, pegal dan mood yang kurang nyaman.

Dalam masa haid, wanita pun tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan atau minuman tertentu. Hal ini lantaran beberapa konsumsi bisa berbahaya untuk wanita dan bahkan bisa menyebabkan kanker. Banyak yang percaya anggapan ini, tapi tak sedikit juga yang tidak percaya.

Haid merupakan kondisi saat wanita mengalami perubahan dari sisi psikologis secara berkala. Hal ini adalah karena pengaruh dari hormon reproduksi yakni progesteron dan esterogen. Kedua hornon ini adalah yang bisa menyebabkan dinding pada rahim menjadi luruh serta mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi menjadi darah.

Saat periode inilah kamu umumnya merasakan rasa tidak nyaman, terutama di bagian pinggang dan perut. Sebetulnya rasa sakit ini bisa dihindari dengan adanya asupan makanan serta minuman yang tepat. Sebaliknya, jika kamu konsumsi sembarang makanan dan minuman, maka periode haid bisa dilewati dengan kurang nyaman.

Minuman yang harus dihindari kala masa haid

1. Kopi

Kopi biasa berfungsi untuk hilangkan rasa kantuk dan juga menambah energi. Namun untuk kamu yang sedang dalam masa haid, ada baiknya untuk hindari konsumsi kopinya. Kandungan kafein yang tinggi di kopi bisa jadi sebab kadar esterogen dalam tubuh menjadi tinggi.

Kadar estrogen tinggi inilah yang dipercaya bisa memicu tumbuhnya kanker payudara dan jadikan lapisan dinding rahim menebal yang dapat merusak sel telur dan kanker endometrium. Selain itu kopi pun bahkan bisa sebabkan kram pada perut dan juga gangguan di denyut jantung.

2. Minuman dingin

Ketika haid, ada baiknya kamu hindari minuman dingin. Alasannya adalah karena minuman dingin bisa menyebabkan kontraksi pada rahim berhenti. Fakta yang sebenarnya adalah ketika rahim harus terus menerus bekerja dengan berkontraksi sehingga bisa mengeluarkan semua darah sampai tuntas. Jika kamu minum dingin, maka bisa jadi waktu haidmu jadi lebih pendek lantaran semua darah belum keluar hingga bersih.

Darah yang masih tertinggal inilah yang bisa jadi pemicu untuk kanker rahim. Kontraksi berhenti seketika akan bisa jadikan perut menjadi kram serta kaku. Apabila kamu konsumsi minuman dingin kala haid dengan intensitas sering, maka risiko lainnya pun kamu akan bisa obesitas.

3. Minuman manis

Umumnya saat haid, kondisi emosional kerapkali menjadi tidak menentu. Untuk bisa atasi hal ini, maka banyak wanita yang cari solusi dengan konsumsi minuman manis sehingga bisa redakan emosi. Minuman manis dengan kandungan pemanis buatan tidak baik untuk kesehatan. Minuman ini pun akan bisa menambah masalah lain pada perut. Beberapa masalah yang mungkin muncul yakni perut kembung, kram perut hingga nyeri haid.

4. Soda dan alkohol

Soda dan alkohol bisa dibilang merupakan salah satu minuman yang berbahaya untuk wanita kala haid. Hal ini lantaran kedua minuman ini bisa berdampak ke kelainan reproduksi. Bahkan soda dan alkohol bisa pengaruhi hormon di sistem reproduksi dan bisa timbulkan menopause cepat.

Baca Juga Trik Menghilangkan Sakit Perut Saat PMS. Gak Perlu Pake Obat-obatan Atau Jamu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Fakta-Fakta Seputar Miss V yang Wajib Diketahui Para Wanita

Mengulas masalah organ intim wanita memang seolah tak