Image result for efek samping lidah buaya

Lidah buaya   adalah bahan kecantikan umum yang tidak perlu diperkenalkan lagi. Bukan hanya  di dunia kecantikan tetapi di dunia kesehatan juga. Lidah buaya  memiliki berbagai manfaat kesehatan, tetapi memiliki efek samping yang mungkin tidak kamu  ketahui. Bahan alami ini   telah populer sejak berabad-abad dan dibudidayakan sebagai  tanaman untuk gel lidah buaya, yang diperoleh dari daun lidah buaya. Tanaman lidah buaya banyak digunakan saat ini dalam  kosmetik, obat herbal dan suplemen makanan.

Lidah buaya  menghasilkan dua zat – gel dan lateks, yang digunakan dalam obat-obatan. Aloe gel seperti yang kita semua tahu, adalah gel, jelas seperti substansi yang ditemukan di dalam daun lidah buaya. Dan aloe lateks berwarna kekuningan dan berasal dari bawah kulit tanaman. Gel lidah buaya terdiri dari sekitar 96 persen air dan mengandung vitamin A, B, C dan E. Kebanyakan orang meminum  gel lidah buaya untuk diabetes, hepatitis, penurunan berat badan, penyakit radang usus, radang perut, osteoartritis, asma, demam, gatal dan peradangan, dan masih banyak lagi. Selain itu, obat gel lidah buaya juga dioleskan pada kulit.

Dan menggunakan gel lidah buaya sangat penting untuk kesehatan, rambut dan kulit. Gel ini juga digunakan dalam pembuatan jus lidah buaya yang telah digunakan sebagai  tonik dan obat-obatan. Namun, kelebihan asupan jus lidah buaya dapat menyebabkan kerusakan tubuh dan menyebabkan berbagai efek samping. Dan beberapa orang mungkin juga alergi terhadap lateks tanaman.

Jadi, Apakah Lidah Buaya  Aman Dikonsumsi?

Menelan jus lidah buaya secara langsung  dapat menyebabkan bahaya serius bagi kesehatan kamu  seperti diare, kram perut, kelemahan otot, pembengkakan di tenggorokan dan dalam kasus yang parah, kehilangan penglihatan. Dan mengkonsumsi jus lidah buaya dalam jumlah besar untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan gagal ginjal.

Apakah Efek Samping dari Aloe Vera Latex?

Aloe vera lateks berwarna kuning dan berasal dari tepat di bawah kulit tanaman. Mengambil lateks secara internal dapat menjadi tidak aman, bahkan jika kamu  mengonsumsi lebih sedikit dosis. Efek samping dari aloe vera lateks termasuk masalah terkait ginjal, kram perut dan kadar kalium rendah.

  1. Penyebab Alergi Kulit

Penggunaan gel lidah buaya untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan alergi kulit seperti peradangan, gatal-gatal dan kemerahan pada kelopak mata. Efek samping lain pada kulit termasuk kekeringan, pengerasan, pengembangan bintik-bintik ungu, dan pemecahan. Selanjutnya, mengaplikasikan gel dan melangkah keluar di bawah sinar matahari dapat menyebabkan ruam kulit dan iritasi atau kemerahan dan rasa terbakar.

  1. Menurunkan Gula Darah

Lidah buaya  telah dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih rendah dan karenanya penderita diabetes harus mengambil tindakan pencegahan ekstra saat mengonsumsi lidah buaya.

  1. Toksisitas Hati

Dosis tinggi lidah buaya dapat menyebabkan peradangan hati. Kehadiran banyak senyawa bioaktif seperti C-glikosida, antrakuinon, anthrones, lektin, polymannans dan mannans asetil pada lidah buaya dapat mengganggu proses detoksifikasi hati dan ini dapat menyebabkan kerusakan hati.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yuk Kenali Manfaat Susu Kedelai Selain Untuk di Konsumsi

Yuk, Kenali Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit. Ternyata