Kolesterol menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh banyak orang. Ini memang bukan tanpa alasan karena kolesterol sendiri kerapkali menjadi penyebab ragam jenis penyakit. Kolesterol yang tinggi berarti terdapat banyak sekali lemak di dalam darah. Apabila kondisi ini dibiarkan, maka lemak akan bisa mengendap di pembuluh darah serta menghambat aliran darah. Kondisi ini tentunya akan bisa sebabkan penyakit berbahaya.

 

Untuk bisa terhindar dari ragam penyakit karena kolesterol yang tinggi, maka penting sekali untuk terus menjaga supaya kadar kolesterol senantiasa normal. Kolesterol yang tinggi dan dibiarkan saja akan bisa jadikan pembuluh darah pun kemudian menyempit lalu mengeras. Pastinya inilah kondisi yang makin mengantarkan kamu terserang ragam penyakit.

 

Mungkin kamu mengira jika kolesterol tinggi dan berbagai penyakit berbahaya hanya bisa terkadi pada orang tua. Namun, berdasarkan fakta yang ada kini pun banyak sekali orang di usia produktif yang memiliki kondisi demikian sehingga patut diwaspadai. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa muncul karena kolesterol yang tinggi.

 

Tekanan darah tinggi

Hipertensi merupakan kondisi yang terjadi ketika tekanan yang ada di pembuluh darah lebih dari batas normal. Penyebab salah satunya yakni kolesterol yang menumpuk sehingga menjadikan pembuluh darah pun menyempit. Dengan demikian, maka jantung pun butuh kerja lebih keras dan memberi tekanan yang ekstra dalam memompa darah. Apabila terus dibiarkan, maka lama kelamaan kinerja jantung akan bisa ikut terpengaruh.

 

Jantung koroner

Ketika kadar kolesterol di darah tinggi, maka ini pun juga bisa menyebabkan lemak menumpuk ataupun plak di dinding pembuluh darah termasuk juga di jantung. Ini pun akan bisa menjadikan aliran darah menuju jantung pun berkurang sehingga penyakit jantung koroner akan menyerangmu. Apabila kamu tak segera menanganinya, maka serangan jantung bisa terjadi sewaktu-waktu lho.

 

Stroke

Tak hanya pembuluh darah yang ada di jantung saja, tapi lemak pun bisa menumpuk di pembuluh darah otak. Apabila aliran darah menuju otak tersumbat, maka organ ini pun akan kurang nutrisi dan oksigennya. Inilah yang menjadikan kondisi stroke.

 

Penyakit arteri perifer

Mungkin kamu tidak familiar dengan penyakit yang satu ini, tapi penyakit arteri perifer ini pun juga termasuk penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini terjadi saat ada penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol tinggi di bagian pembuluh darah kecil. Umumnya pembuluh darah yang kerap terkena kondisi ini adalah di bagian kaki dan tungkai. Bahkan untuk beberapa kasusnya, penyumbatan pun bisa terjadi pada pembuluh darah di ginjal.

 

Itulah beberapa jenis penyakit yang berpotensi menyerang jika kondisi kolesterol tinggi. Untuk kurangi risiko munculnya berbagai macam penyakit tersebut, maka ada baiknya kamu berusaha untuk mengontrol kolesterol. Caranya sebetulnya sederhana yakni dengan penerapan pola hidup yang sehat, makan makanan bergizi hingga olahraga dengan rutin. Dari segi pola makan untuk kolesterol tinggi adalah dianjurkan dengan pola makan rendah lemak jenuh dan kaya akan serat pangan larut misalnya gandum, nasi merah hingga buah dan sayur.

 

Baca Juga :

Turunkan Kadar Kolesterol Dengan Makanan Ini

Fakta Mengejutkan Tentang Kolesterol yang Wajib Kamu Ketahui Sekarang Juga

Hindari Kebiasaan Buruk Ini untuk Menjaga Kadar Kolesterol Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing