Gejala kanker payudara ternyata tidak hanya dari benjolan. Banyak kasus yang terjadi, di mana gejala yang timbul adalah perubahan-perubahan unik pada payudara kita yang mana bukan merupakan benjolan. Nah, berikut adalah beberapa tanda dan gejala kanker payudara yang paling mengejutkan pada wanita, supaya kamu tahu apa yang harus diperhatikan selain benjolan:

  • Kulit Tidak Sehat

Kulit yang tidak sehat meliputi kulit bersisik, tambal sulam atau radang. Jika kamu melihat ada perubahan pada penampilan normal payudara perhatikan dengan baik. Penebalan yang tidak biasa, kemerahan, ruam, lesung atau kerutan pada kulit payudara atau di sekitar puting susu, harus diperiksa oleh dokter.

  • Puting Berubah

Hanya manekin yang memiliki puting yang sempurna. Perubahan pada puting sebenarnya  normal dan tidak menjadi masalah selama semuanya normal. Jika puting berubah tiba-tiba dari runcing ke terbalik entah itu sepenuhnya atau sebagian, hubungi dokter.  Setiap perubahan pada puting, termasuk warna dan teksturnya, perlu diperiksa untuk menyingkirkan kemungkinan kanker. Catatan, puting berbulu pada wanita tidak ada hubungannya dengan kanker dan itu benar-benar normal.

  • Puting Susu Bocor

Apakah payudara kamu menyemprotkan cairan padahal kamu tidak hamil/menyusui? Puting susu mengalami kebocoran selama kehamilan, saat menyusui, dan hingga satu tahun setelah menyapih bayi itu bukan masalah, tetapi jika ada kebocoran di waktu lain, maka itu perlu diperiksa oleh dokter. Keputihan secara acak, terutama jika berwarna merah atau hijau atau memiliki bau, dapat berarti kamu memiliki masalah, termasuk kanker payudara atau kelenjar pituitari.

  • Pembengkakan yang Menyakitkan

Payudara yang bengkak dan menyakitkan, bisa disebabkan karena perubahan hormon (seperti PMS atau kehamilan), tapi mereka bisa juga dikaitkan dengan kanker payudara. Jika nyeri dan pembengkakan payudara tidak terkait dengan siklus menstruasi atau menyusui, dan itu muncul tiba-tiba lalu tidak hilang, maka hubungi dokter.

  • Sensasi Geli yang Aneh

Beberapa wanita melaporkan merasakan sensasi hampir seperti mereka “geli dari dalam,” payudara mereka terasa seperti “berdengung” atau “berduri” di dalam. Perasaan aneh dapat terjadi tanpa alasan tetapi jika kamu mengalami sensasi aneh di payudara yang tidak normal dan berulang, saatnya untuk menghubungi dokter kamu.

  • Payudara Sangat Sensitif

Apakah payudaramu begitu menyakitkan sehingga kamu harus menjauh dari aliran air di kamar mandi?  Apakah payudaramu menjadi sangat sensitif sehingga kamu tidak ingin pasanganmu menyentuhnya lagi?  Payudara atau puting susu yang menjadi lebih sensitif dari biasanya dapat menjadi tanda kanker. Jika payudara tiba-tiba jauh lebih sensitif dari biasanya dan kamu tidak sedang hamil, hubungi dokter.

  • Payudara Terlihat Sangat Keriting

Mampu melihat pembuluh darah di permukaan payudara, tergantung pada banyak hal — warna kulit, jumlah lemak, kehamilan, genetika — tetapi kamu harus memperhatikan garis-garis biru atau hijau berlekuk-lekuk itu karena perubahan dalam penampilan dapat  menjadi tanda awal kanker payudara.

Vena yang terlihat dapat menunjukkan adanya tumor karena membutuhkan lebih banyak aliran darah dan karenanya lebih banyak vena atau tumornya mungkin menghalangi aliran darah, menyebabkan pembuluh darah di dekatnya membengkak.

  • Puting  Gatal

Banyak hal yang dapat menyebabkan puting gatal, termasuk infeksi ragi atau infeksi lainnya, alergi, dan iritasi akibat pakaian.  Tetapi ada jenis kanker payudara langka yang dapat menyebabkan ruam kering, merah, gatal muncul di atau sekitar puting susu. Apapun penyebabnya, ruam gatal adalah salah satu gejala yang harus selalu kamu periksakan ke dokter, terutama jika tidak hilang setelah satu atau dua minggu.

  • Ketiak Sakit, Padahal Tidak Berolahraga (push up)

Fun fact : Jaringan payudara kamu memanjang melewati bagian melingkar yang kamu rekatkan dalam bra kamu. Kamu bisa mendapatkan kanker payudara di jaringan payudara ini. Jadi, jika ketiak kamu terasa sakit atau bengkak atau kamu merasakan ada benjolan ketika bercukur, hubungi dokter.

  • Jerawat Payudara yang Tidak Sembuh

Bukan hal yang tidak biasa untuk mendapatkan luka kecil, termasuk jerawat dan bahkan kutil, di payudara atau puting susu kamu. Pada wanita yang berolahraga, kamu mungkin menemukannya di tempat-tempat yang banyak berkeringat, seperti di antara payudara kamu, atau di sepanjang garis bra olahraga. Sebagian besar jerawat akan hilang dengan sendirinya. Tetapi jika kamu memiliki luka kecil jenis apa pun yang tidak hilang setelah satu atau dua minggu, kamu layak untuk memeriksanya. 

  • Perubahan yang Tidak Terkait dengan Payudara

Nyeri punggung, sakit leher, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan semuanya terdaftar sebagai gejala kanker payudara. Itu karena kanker payudara dapat menyebar sebelum terdeteksi, menyebabkan gejala pada bagian tubuh yang tidak ada hubungannya dengan payudara kamu.  Jadi, lebih baik kamu selalu antisipasi dengan periksa ke dokter dan deteksi lebih dini.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ladies-yuk-ketahui-cara-pemeriksaan-payudara-sendiri-dengan-benar/

http://www.tampilcantik.com/jangan-sampai-menyesal-di-kemudian-hari-waspadai-kista-payudara-sejak-dini/

http://www.tampilcantik.com/deodoran-bisa-jadi-penyebab-kanker-payudara-benarkah-demikian/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Alasan Mengapa Kamu Mengalami Nyeri Haid yang Parah

Apakah kamu sering mengalami nyeri haid saat menstruasi?