Waspadai Makanan Tinggi Lemak Trans Dengan Bahaya Yang Dibawanya

 

Gaya hidup di dunia yang serba modern seperti saat ini bisa dibilang sudah banyak sekali berubah. Jika dulu segala makanan serba alami dan dibuat sendiri, maka seiring dengan kesibukan maka kini kebanyakan orang memilih untuk makan makanan siap saji nan cepat. Memang rasanya gurih dan enak, tapi kamu harus tahu jika makanan tersebut banyak mengandung lemak trans lho.

 

Lemak trans sendiri merupakan jenis lemak jenuh dimana bisa ditemukan dalam jumlah kecil pada daging kambing, sapi, susu hingga keju. Tapi karena kebutuhan manusia yang kian besar maka menjadikan produsen pangan kemudian membuat lemak trans sendiri dengan tambahan zat hidrogen di minyak goreng. Fungsinya adalah agar makanan jadi kaya rasa dan pastinya lebih awet.

 

Bahaya lemak trans untuk kesehatan

Kamu harus tahu jika lemak trans ini bisa menyebabkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan juga trigliserida di darah menjadi meningkat. Tak heran jika efek buruk pun bisa terjadi, yakni:

 

Jantung koroner

LDL dan juga trigliserida yang meningkat bisa menumpuk dan kemudian membentuk plak di pembuluh darah di jantung. Kondisi inilah yang menjadikan pembuluh darah pun kemudian menyempit sehingga adanya aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Lama kelamaan, kondisi ini akan memicu penyakit jantung koroner lho.

 

Stroke

Selain munculnya penyakit jantung, lemak trans berlebih di tubuh juga bisa tingkatkan risiko penyakit stroke. Wah bahaya banget bukan? Stroke dapat terjadi saat plak yang dibentuk di pembuluh darah lepas dan kemudian mengalir pada pembuluh darah otak lalu menjadikannya sumbatan. Saat hal itu terjadi, maka aliran darah yang kirimkan oksigen pada jaringan otak pun akan menjadi terhambat sehingga menjadikannya rusak dan mati. Lalu, datanglah stroke.

 

Memperburuk diabetes

Sampai saat ini penelitian memang belum menunjukkan data konsisten terkait keterkaitan antara lemak trans dan juga diabetes. Tapi diketahui jika orang yang makan tinggi lemak trans dan lemak jenuh menjadikan resistensi insulin meningkat dan kadar gula darah juga menjadi meningkat. Hal ini pun akan makin parah jika orang tersebut memiliki obesitas dengan diabetes serta kolesterol yang tinggi. Jika hal ini terus terjadi maka tubuh pun segera akan mengalami peradangan sehingga menjadikan diabetes pun meningkat.

 

Makanan tinggi lemak trans

Wah, ternyata bahaya yang mengintai dari makanan dengan tinggi lemak trans amat menyeramkan ya. Itulah mengapa kamu harus mewaspadai konsumsi makanan tersebut. Berikut ini beberapa makanan yang kandungan lemak trans tinggi, yakni:

  • Kue yang dipanggang misalnya cookies, donat dan pie.
  • Beragam keripik, misalnya keripik kentang, popcorn, keripik jagung dan lainnya.
  • Makanan dengan proses goreng mulai dari ayam goreng hingga kentang goreng.
  • Mentega, margarin hingga creamer pada kopi.
  • Berbagai makanan junk food, misalnya pizza, burger dan lainnya.

 

Jika kamu sudah tahu makanan apa saja yang tinggi dengan kandungan lemak trans, ada baiknya kamu membatasi konsumsinya. Bahkan jika bisa seharusnya kamu menghindari untuk konsumsi makanan tersebut demi kesehatan di jangka panjang.

 

Baca Juga

^  REVIEW: Vienna Mask Pack

^  Tahukah Kamu Bahwa Kesalahan Desain Sederhana Bisa Menghancurkan Ketenangan Kamar Tidur Kita?

^  Ingat!! Mungkin Ini Adalah 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Tanpa Kamu Sadari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Gigi kamu kuning? Inilah hal-hal yang wajib kamu ketahui

Gigi menjadi bagian tubuh yang sangat penting karena