Rambut tentu menjadi bagian yang amat penting untuk semua wanita. Tak peduli kamu menggunakan hijab atau tidak, rambut tetap harus dijaga dengan baik. Untuk memiliki rambut yang sehat dan indah, maka kamu pun harus tahu jika sampo saja tentunya tak cukup. Untuk menambahkan perawatan, maka kamu bisa menggunakan kondisioner dan jangan lupa tambahkan hair mask.

 

Masker rambut sendiri belakangan memang sedang ramai diperbincangkan. Fungsinya berbeda dengan kondisioner yang bisa lembabkan batang dan bagian ujung rambut. Masker rambut memiliki fungsi untuk menjadikan rambut senantiasa ternutrisi. Jika rambut ternutrisi, maka rambut pun akan lebih sehat. Untuk pengaplikasian yang benar, inilah caranya.

 

Cuci rambutmu lebih dulu

Dalam hal perawatan rambut, mencuci rambut adalah langkah yang paling mendasar. Dalam mencuci rambut, kamu harus memastikan jika rambutmu benar-benar bersih. Dengan rambut yang bersih, diharapkan rambutmu bisa bebas kotoran dan minyak sehingga bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi dari masker yang diaplikasikan nanti.

 

Kondisi rambut adalah setengah kering

Perlu diketahui jika rambut yang kondisinya masih basah tak akan bisa menyerap masker dengan baik. Itu karena masker cenderung sulit untuk bisa menempel di rambut. Untuk itu, penting banget kamu mengurangi kadar air di rambut sebelum nantinya mengaplikasikan di tiap helai. Kondisi rambut yang pas untuk mengaplikasikan masker rambut yakni ketika setengah kering tapi masih lembab. Jadi, peras dulu airnya sampai tidak menetes. Oles masker memakai jemari mulai dari akar rambut dan beri pijatan di kulit kepala. Dengan demikian, maka peredaran darah akan lancar yang menjadikan proses regenerasi pun juga lancar.

 

Sesuaikan jenis rambut

Pemakaian masker rambut juga tidak sembarangan lho. Kamu wajib untuk tahu apa jenis rambut kamu sehingga bisa menentukan masker yang seperti apa yang akan dipakai. Pemakaian masker rambut yang pas dengan jenis rambut pastinya akan bisa mampu memberi hasil maksimal. Misal saja untuk rambut kombinasi, yaitu dengan kulit kepala yang berminyak tapi cdnderung normal ke kering di rambutnya. Jika demikian, maka ada baiknya kamu fokus pada batang rambut, bukan akarnya. Namun, kika tipe rambutnya kering, kusam dan bercabang, maka mengoles masker harus ke seluruh bagian akar rambut lalu dilanjut ke batang rambut.

 

Pakai handuk hangat

Usai mengaplikasikan masker rambut, maka kamu bisa pakai handuk hangat untuk dapat membungkus kepala. Untuk alternatifnya, kamu pun bisa pakai shower cap untuk menjadikannya lebih praktis. Meski demikian kamu juga harus tahu jika nantinya hasilnya tak akan sebaik handuk hangat. Bungkus rambut memakai handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat sehingga penyerapan nutrisinya akan bisa lebih cepat. Panas dari handuk itu yang akan bisa mempercepat nutrisi menyerap ke sel kulit kepala.

 

Diamkan beberapa saat lalu bilas air hangat

Simpel, tapi penting banget. Ya, proses ini harus dilalui yakni dengan mendiamkan rambut beberapa saat sehingga nutrisi bisa terserap maksimal. Diamkan masker setidaknya 5 menit lalu baru bilas air hangat. Akhiri dengan bilas air dingin sehingga kutikula bisa menutup. Jadi, sudah benarkah pengaplikasian masker rambutmu?

 

Baca juga :

Inilah 5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Rambutmu! Mending Hindari Kalau Gak Mau Rambutmu Rusak.

Makin Hari Rambut Kamu Makin Tipis? Hindari Kesalahan Berikut Yang Membuat Rambut Kamu Makin Tipis

Ternyata Tidak Hanya Tubuh, Rambut Kamu Juga Perlu Dihidrasi Lho

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perbedaan Make Up Korea dan Amerika

Setiap negara memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Korea dan Amerika