Permasalahan kulit memang sangat beragam. Untuk wanita yang sudah mulai masuk ke usia dewasa, maka salah satu permasalahan yang kerapkali muncul yakni adanya flek hitam di wajah. Ya, flek hitam memang masalah yang menyebalkan. Kemunculannya kerap tidak disadari tapi sangat mengganggu penampilan. Flek hitam pun juga menjadi tanda jika kulit sudah mulai mengalami penuaan lho.

 

Jika kamu memiliki masalah tentang flek hitam, ada baiknya kamu tahu seluk beluk tentang flek hitam. Yuk simak ulasan berikut ini.

 

Apa itu flek hitam?

Mendengar kata flek hitam maka pikiran pasti sudah tertuju pada bintik hitam yang muncul di kulit wajah ya kan? Flek hitam sendiri muncul ketika sel kulit memproduksi melanin dalam jumlah banyak lalu berkumpul di permukaan kulit dimana mampu menilbulkan warna lebih gelap serta tak merata. Nah, melamin itu sendiri adalah merupakan pigmen warna yang bisa memberi warna di kulit manusia. Kian gelap warna kulit dari seseorang, maka kian rentan juga mereka pada hiperpigmentasi. Tapi kenyataannya, sebetulnya hiperpigmentasi bisa dialami siapa saja lho.

 

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan flek hitam ini. Agar kamu bisa tahu lebih mendalam, maka berikut ini beberapa faktornya.

 

Sinar matahari

Ketika kamu terpapar terus menerus dengan sinar matahari tanpa menggunakan perlindungan berupa tabir surya, maka jangan heran jika flek hitam akan muncul di kulitmu. Ini karena paparan sinar UV dari matahari memang memberikan kontribusi amat besar dalam memicu produksi dari melamin di kulit yang tidak merata dan juga penumpukan yang menyebaban flek hitam pada kulit. Apabila kamu termasuk orang yang sering terkena sinar matahari, maka biasanya flek hitam akan muncul di wajah dan lengan dimana bagian ini seringkali terpapar.

 

Penggunaan skin care

Sudah rajin pakai tabir surya kok masih juga muncul flek hitam sih? Heran juga ya, jika kamu sudah berusaha untuk berlindung dari sinar matahari dan pakai tabir surya tapi masih saja ada flek hitam. Yang harus dicek adalah dari segi produk skincare kamu. Umumnya produk skincare ketika kandungannya sangat keras maka bisa beresiko untuk jadi penyebab flek hitam yang muncul di wajah. Oleh karena itu, ada baiknya kamu hindari produk skin care yang bisa menjadikan kulit kemerahan lantaran hal ini bisa jadi tanda adanya risiko flek hitam nantinya. Kulit yang kemerahan merupakan tanda kulit iritasi dan kulit akan produksi melanin untuk meresponnya.

 

Mengusik bekas luka

Coba deh ingat-ingat kembali, jika kamu suka sekali memencet jerawat, mengopek bekas jerawat hingga bekas luka saat proses penyembuhannya, maka ini akan bisa jadikan flek hitam muncul lho. Ini juga bisa jadi respon tubuh untuk menjaga luka sehingga memproduksi melanin yang berlebihan dan akhirnya flek hitam pun muncul deh.

 

Jika kamu memiliki masalah flek hitam yang sulit teratasi, maka ada baiknya kamu menuju klinik kecantikan atau dokter kulit untuk prosedur perawatannya. Kamu bisa memilih laser atau peeling chemichal lho. Selamat mencoba!

 

Baca Juga :

Madu Bisa Hilangkan Flek Hitam, Benarkah Demikian?

Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Dermaroller, Emang Bisa?

Bingung Membedakan Darah Menstruasi dan Flek Awal Kehamilan? Begini Caranya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Nggak Usah Bingung Lagi, Ini Perbedaan Essence, Ampoule Dan Serum

Sejak popularitas dari drama dan musik Korea yang