Nutrisi sangat penting untuk memiliki rambut yang sehat. Faktanya adalah kuantitas dan kualitas rambut berkaitan erat dengan kondisi nutrisi seseorang. Penipisan rambut, kerusakan, dan pertumbuhan yang lambat dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Seng, biotin, Vitamin D, dan zat besi adalah nutrisi terpenting untuk kesehatan rambut.

Seng adalah elemen penting yang membantu menjaga kesehatan rambut, dan kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok.

Biotin, umumnya dikenal sebagai vitamin B7, bertanggung jawab atas produksi keratin, yang berfungsi sebagai fondasi struktural rambut. Folikel rambut, inkubasi dalam larutan yang mengandung biotin mengakibatkan peningkatan konsentrasi DNA dan sintesis protein. 

Vitamin D terlibat dalam siklus perkembangan rambut, dan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penipisan dan kerontokan rambut.

Zat besi bertugas mengangkut oksigen ke folikel rambut, yang mendorong pertumbuhan rambut.

Penipisan rambut dan bahkan kerontokan rambut bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi. Peran nutrisi dan pola makan dalam mengatasi kerontokan rambut merupakan bidang penelitian yang dinamis dan terus berkembang. Berikut ini beberapa makanan yang dapat dijadikan nutrisi untuk rambut Anda.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beta-karoten konsentrasi tinggi, yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A diperlukan untuk perkembangan rambut yang sehat dan dapat membantu pencegahan kerontokan rambut. Ubi jalar juga mengandung vitamin C dan tembaga, yang membantu memperkuat dan mengembangkan rambut.

Cara mengaplikasikan ubi jalar pada kulit kepala dan rambut Anda:

  • Potong satu ubi menjadi potongan kecil dan tumbuk hingga halus.
  • Dalam wadah pencampur, campurkan dua sendok makan yogurt dan satu sendok makan madu.
  • Selanjutnya, campurkan kombinasi madu dan yogurt dengan ubi tumbuk, satu sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok makan minyak kelapa.
  • Sekarang setelah Anda menyiapkan masker rambut, basahi rambut Anda sebelum mengaplikasikannya.
  • Bagian demi bagian, aplikasikan masker, hati-hati hingga menutupi setiap helai dari akar hingga ujung.
  • Tutupi rambut Anda dengan topi mandi dan biarkan masker selama minimal 30 menit.
  • Bilas dengan sampo ringan.
  1. Minyak Ikan

Ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan mackerel, kaya akan asam lemak omega-3 yang menutrisi dan menguatkan rambut. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi kerusakan rambut dan meningkatkan perkembangan rambut sehat.

Cara mengoleskan ikan berlemak ke kulit kepala Anda:

  • Campurkan minyak zaitun dan minyak ikan dengan perbandingan 2:1.
  • Oleskan pada akar rambut Anda dan biarkan selama 30 hingga 45 menit.
  • Setelah itu, cuci rambut Anda.
  • Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan berlemak merangsang folikel rambut dan meningkatkan pembentukan rambut yang sehat.
  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan bahan makanan turunannya kaya akan serat, protein, vitamin, dan beberapa fitokimia berharga, yang menunjukkan aktivitas biologis penting. Nutrisi ini penting untuk perkembangan rambut yang sehat. Protein memasok bahan penyusun rambut, sementara zat besi berkontribusi dalam pengangkutan oksigen ke folikel rambut, dan seng membantu perkembangan dan perbaikan jaringan rambut.

Cara menambahkan kacang-kacangan ke kulit kepala dan rambut Anda:

  • Untuk mengoleskan kacang polong ke kulit kepala Anda, buatlah masker rambut DIY dengan menumbuk kacang matang dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut Anda, biarkan selama 30 menit hingga satu jam, lalu bilas dengan air hangat.

Anda juga dapat memasukkan lebih banyak kacang-kacangan ke dalam makanan Anda dengan menambahkannya ke salad, sup, atau sebagai lauk dengan makanan lain.

  1. Wortel

Wortel adalah sumber vitamin A yang baik, yang diperlukan untuk perkembangan rambut sehat. Wortel mengandung karotenoid, flavonoid, poliasetilen, vitamin, dan mineral, yang semuanya memberikan beragam manfaat nutrisi dan kesehatan. Ini membantu produksi sebum, minyak alami yang membantu kesehatan kulit kepala dan rambut.

Cara mengaplikasikan wortel pada rambut Anda:

  • Untuk mengoleskan wortel pada kulit kepala, suwir wortel segar dan campurkan dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Pijatkan campuran ini ke kulit kepala Anda selama 10-15 menit sebelum didiamkan selama 30 menit lagi.
  • Bilas dengan sampo dan air hangat.
  • Untuk hasil terbaik, ulangi cara ini seminggu sekali.

Anda juga dapat memasukkan wortel ke dalam makanan Anda dengan menggunakannya dalam salad, smoothie, atau sebagai camilan dengan hummus atau saus lainnya.

  1. Biji Labu

Biji labu kaya akan zinc, yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Zinc juga membantu mengatur produksi minyak di kulit kepala, mencegah rambut rontok akibat produksi sebum berlebih. Selain itu, biji labu mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan yang membantu menutrisi dan menguatkan rambut.

Cara mengaplikasikan biji labu pada rambut Anda:

  • Keramas rambut Anda seperti biasa. Hindari mengoleskan produk ke rambut setelahnya.
  • Panaskan perlahan minyak biji labu dengan double boiler.
  • Basahi rambut dan pijatkan minyak hangat ke kulit kepala Anda.
  • Setelah diaplikasikan, bungkus rambut dan kepala Anda dengan handuk panas.
  • Lepaskan handuk, lalu keramas, kondisioner, dan tata.

Vitamin dan lemak sehat dalam biji labu membantu memperkuat dan menutrisi rambut, sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Baca Juga :

Bagaimana Kesehatan Kulit Kepala Anda Mempengaruhi Rambut Anda

10 Kesalahan Mengeringkan Rambut yang Anda Buat Yang Menghancurkan Rambut Anda

Pahami Kelebihan Dan Kekurangan Dry Shampoo Untuk Meningkatkan Rutinitas Perawatan Rambut Anda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cobalah Rutinitas Harian Ini untuk Rambut Keriting yang Menakjubkan

Rambut keriting memang menakjubkan, unik, dan mempesona. Namun