Berpacaran pasti ada segudang cerita. Mulai yang indah dan manis hingga yang pahit dan menyakitkan. Namun tetap saja kita akan menemukan cinta yang baru, tidak perduli berapa kali kita tersakiti oleh kisah cinta yang gagal. Sebenarnya cinta tidak pernah menyakiti, caramu mencintailah yang bisa membuahkan perih. Jika kamu ingin hubgungan cinta berakhir indah, maka kamu harus mulai belajar berpacaran dengan cara yang dewasa. Ini yang harus kamu lakukan dalam berpacaran untuk mendapatkan kisah cinta yang matang dan berarti.

1. Belajar dari masa lalu dan bukannya tenggelam dalam kepahitan

Ketika kita gagal saat berpacaran, tidak jarang kita berusaha menjadikan pihak lain sebagai peran antagonis. Padahal yang kamu lakukan itu tidak akan menyembuhkan luka hatimu. Kamu hanya akan terus terjebak pada bayang-bayang masa lalu yang akan menghalangimu menemukan cinta sejati. Tetapi jadikan pengalaman pahitmu sebagai pelajaran yang dapat kamu petik maknanya. Ingat, dalam setiap pertengkaran kedua belah pihak selalu sama-sama tersakiti.

2. Berpacaran dewasa berarti mengerti akan perasaanmu

Jika kamu tidak berusaha mengerti apa yang sebenarnya dicari oleh hatimu, maka kamu tidak akan pernah menemukannya. Salah jika kamu memaksakan perasaan dan kecocokan hanya karena umur yang sudah matang atau dorongan keluarga. Hidupmu adalah milikmu, apapun pilhan yang kamu ambil akan kamu tanggung sendiri resikonya. Karena itu dalami perasaanmu, berpacaran hanya ketika hatimu berkata iya, bukan karena tuntutan orang di sekitarmu.

3. Mengerti kapan waktunya melepaskan

Tidak ada hubungan cinta yang instan di dunia ini. Semuanya butuh proses, mulai dari pengenalan hingga penerimaan. Jika kamu hanya menuruti perasaan sesaat dan kegalauan hati lalu berusaha bertahan di kisah cinta yang salah, maka caramu berpacatan belum dewasa. Yang terpenting adalag kebahagiaanmu, karena jika hubungan itu tidak bisa membuatmu bahagia, maka semuanya juga sia-sia. Belajar untuk melepaskan orang yang tidak layak dipertahakan dan juga menerima hubungan yang gagal. Memang butuh keberanian besar untuk memutuskan suatu hubungan, namun keputusan ini adalah kunci kebahagianmu.

4. Pasanganmu adalah cerminan dari sifat dan kepribadianmu

Seseorang akan menarik perhatian orang yang bersifat dan berprinsip sama. Mereka menanggapmu mempesona karena kalian berdua mempercayai nilai yang sama. Wanita yang merasa rendah diri dan peragu akan menarik pria dominan, egois dan tukang kontrol. Namun wanita yang mandiri, tangguh dan menyenangkan akan menarik pria yang menghargai kemandirian seorang wanita. Sebelum kamu menyalahkan takdir atau nasib, coba selami lagi bagaimana sifat dan kepribadianmu.

5. Mengenal dan mencintai diri sendiri terlebih dahulu

Orang lain tidak akan bisa mencintaimu seutuhnya jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri. Apapun yang dilakukannya untuk membahagiakanmu akan terasa tidak sempurna karena kamu sendiri tidak merasa layak menerimanya. Sebelum memutuslan untuk berpacaran, cintailan dirimu terlebih dahulu apa adanya. Pahami kelemahan dan kekuranganmu dan cari orang yang bisa melengkapinya dengan pas dan tulus.

Baca juga Selamat, Jika Ada 7 Tanda Ini, Kamu dan Dia Telah Memiliki Hubungan Dewasa yang Tak Rentan Patah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kaum Pria Harus Baca Ini, 9 Cara Membuat Pacar Merasa Dicintai Dan Istimewa

Orang spesial dalam hidup Anda memberi Anda kegembiraan