Gaya hidup modern membuat kebanyakan orang malas untuk bergerak. Setiap hari, orang menghabiskan waktu untuk duduk di kantor menatap layar komputer. Kemudian, saat istirahat makan siang, mereka hanya akan memesan makanan secara online dan tidak banyak bergerak dari kursi kerjanya.

Saat di rumah pun, sudah jarang orang yang mau berbelanja keluar sambil menghidup udara segar. Kini kebutuhan rumah tangga bisa mudah didapatkan hanya dengan transaksi secara online. Akibatnya, tubuh menjadi kurang gerak.

Ketika tubuh kita kurang bergerak, ada beberapa sinyal yang ditunjukkan tubuh untuk memberitahu kita agar mulai gerak dan olahraga. Berikut adalah daftar tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kamu kurang bergerak :

  1. Mata bengkak

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah salah satu pemicu utama dari retensi air. Mata bengkak bisa terjadi karena kamu terlalu lama berada dalam posisi horizontal. 

Untuk mengatasi masalah mata bengkak, yoga bisa menjadi pilihan yang baik. Selain itu, jika kamu mulai menambah gerak dan olahraga, masalah mata bengkak tidak akan mengganggu kamu lagi. 

  1. Sembelit

Olahraga sangatlah penting untuk pencernaan, sehingga buang air besar bisa teratur dan sehat. Jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu kamu untuk duduk dan bekerja di depan komputer, maka akan dibutuhkan lebih banyak waktu bagi makanan untuk bergerak melalui usus besar kamu. Hal itu mengakibatkan jumlah air yang diserap tubuh menjadi terbatas, sehingga kamu bisa mengalami sembelit. 

Nah, solusinya, kamu bisa mulai bergerak atau berolahraga secara teratur untuk meningkatkan efisiensi saluran pencernaan kamu. Tidak perlu olahraga berat. Bahkan peregangan selama 5 menit yang dilakukan beberapa kali sehari pun dapat mencegah sembelit.

  1. Kamu jadi pelupa

Jika kamu sering merasa ada pikiran lain yang keluar dari pikiran kamu, kamu mungkin butuh bergerak. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang menjalani gaya hidup menetap alias kurang gerak, menunjukkan perubahan struktural pada otak di area lobus temporal medial. Lobus ini bertanggung jawab atas kemampuan kita untuk menghafal sesuatu. 

Untuk itulah, latihan fisik sangat diperlukan karena dapat meningkatkan daya ingat. Jadi tidaklah mengherankan jika struktur otak kamu ikut tumbuh seiring dengan meningkatnya kebugaran fisik kamu.

  1. Sakit lutut

Olahraga adalah rahasia untuk melonggarkan persendian yang kencang. Dengan berolahraga, kamu dapat meringankan gejala arthritis dan osteoartritis, terutama saat kamu mulai latihan aerobik yang berdampak rendah. Bagi kamu yang menderita nyeri lutut kronis, disarankan agar mulai menjalani program olahraga. Dengan berolahraga secara teratur, otot kamu akan menguat dan menjadi lebih fleksibel, sehingga kamu akan terhindar dari sakit lutut.

  1. Mengidam gula atau makanan manis

Aktivitas fisik dapat melawan keinginan kamu untuk makan gula atau makan makanan manis. Dengan latihan fisik, kamu dapat meningkatkan energi dan melepaskan endorfin, yang akan mendorong kebahagiaan dalam diri kamu. 

Nah, hormon-hormon bahagia tersebut akan mengurangi keinginan kamu untuk makan gula secara signifikan. Melakukan gerakan yang cukup sepanjang hari juga akan menjauhkan kamu dari depresi. Jadi, tanpa makan es krim atau makan cokelat, kamu tetap bisa terhindar dari badmood jika rajin bergerak. 

Baca Juga :

Payudara Kamu Kurang Kenceng? Inilah Gerakan Simpel Yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Mengencengkan Payudara Kamu

Sering Merasa kurang PD karena Masalah Ketombe? Atasi dengan Solusi Tepat Ini

Sering Kekurangan Energi Karena Kegiatan yang Sibuk? Yuk Coba Smoothies Penambah Energi Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Menangani Pertanyaan Orang yang Menyebalkan

Ada banyak alasan mengapa beberapa orang mengajukan pertanyaan