Ketika membicarakan tentang istirahat dan relaksasi, kita mungkin akan membayangkan bersantai di pantai sambil membaca buku dan menikmati debur ombak terhampar di depan mata. Dalam sebuah peradaban yang identik dengan kesibukan, relaksasi selalu dikaitkan dengan sebuah momen berharga yang hanya bisa kita dapatkan beberapa kali setahun ketika libur dari rutinitas.

Padahal, memanjakan dirimu sendiri tidak seharusnya menjadi sebuah kemewahan. Mencintai dan merawat dirimu harusnya menjadi bagian dari keseharian. Karena itulah, penting untuk bisa tetap merasa santai dan tenang tanpa harus menunggu tanggal merah. Untuk kamu yang sibuk, inilah beberapa cara untuk mencuri momen-momen damai di tengah-tengah kesibukanmu yang padat.

1. Tentukan apa artinya relaksasi buatmu

Untuk menjadikan relaksasi sebagai sebuah prioritas, pertama-tama kit aharus menentukan aktivitas apa yang sebenarnya bisa membantu kita menjadi rileks. Setiap orang punya preferensi berbeda. Relaksasi adalah sebuah aktivitas yang bisa mengembalikan energomu dan membuatmu senang. Dan, tubuhmu tak harus diam untuk bisa merasa rileks karena relaksasi lebih berkait dengan mengisi kembali bateraimu. Jadi, jika bermeditasi dalam sunyi bukan hal yang kamu banget, kamu tidak harus melakukannya. Ada yang bisa rileks dengan membaca buku, menikmati secangkir kopi sambil mendengarkan musik, bahkan berjalan-jalan di mall yang ramai.

2. Hilangkan rasa bersalah

Penting untuk diingat bahwa memanjakan dirimu sendiri bukanlah sebuah dosa. Dalam kultur modern ini, kita dibuat berpikir bahwa kita harus selalu melakukan sesuatu. Dan relaksasi atau bersantai selalu kita anggap sebagai “tidak melakukan apa-apa” yang menimbulkan perasaan bersalah. Namun, yakinlah, bahwa ketika kamu tengah berusaha merawat tubuhmu, menghilangkan stresmu, kamu sebenarnya sedang mengisi kembali energimu untuk bisa terus beroperasi dengan normal.

3. Jangan kebanyakan pikiran

Memang, kadang sulit untuk menghilangkan kekhawatiran terhadap kewajiban-kewajiban yang masih akan menyambut kita kembali begitu kita selesai bersantai. Namun, selalu usahakan untuk berada di momen ini. Pusatkan kembali perhatianmu pada kegiatan bersantaimu.

4. Tidur lebih lama

Jika kamu selalu tidur kemalaman dan pada akhirnya menyesalinya ketika alarm pagimu berbunyi dan kamu merasa masih kurang tidur, kamu tahu bahwa kamu harus mengubah rutinitas tidurmu. Kadang, tidur awal adalah hal yang memang kamu butuhkan. Bahkan jika kamu memang sibuk, ingatlah bahwa tidur sangat vital fungsinya untuk mengembalikan fokus dan energimu. Sehingga, kurang tidur justru akan mengurangi produktivitasmu.

5. Singkirkan ponselmu

Pernahkah kamu duduk di sofa dengan niatan membaca buku atau nonton film namun malah menghabiskan sejam membuka-buka feed Instagrammu? Berhati-hatilah terhadap sosial media yang mampu menyita waktumu berjam-ham. Karena walaupun kamu mungkin kecanduan melakukannya, jarang sekali kegiatan ini bisa menjadikanmu rileks. Malahan, tanpa sadar, waktu akan berlalu dan kamu merasa belum sempat memanjakan dirimu dan harus mulai berkegiatan lagi.

6. Lakukan latihan pernapasan dan peregangan

Jika kamu super sibuk di kantor, kamu masih bisa mencuri momen-momen relaksasi. Hentianlah kegiatanmu sejenak untuk bernapas panjang di balik mejamu, atau cobalah melakukan yoga di kursimu untuk menghilangkan ketegangan di tubuh dan emosimu. Berjalan-jalanlah mengelilingi lok kantormu, atau carilah area berumput dan makan sianglah di sana.

Baca juga Lakukan Kegiatan Berikut Ini, Dijamin Mood Capek Bekerja Seharian Akan Berubah Menjadi Mood Bahagia dan Tenang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Menggunakan HP Sebagai Alarm

Hadirnya berbagai fitur pada handphone, terutama smartphone yang