Beberapa orang, secara sadar atau tidak, sering kali menyakiti orang lain dengan sikap mereka.  Hinaan, komentar jahat, panggilan nama yang tidak pantas, dan perbuatan lain yang merendahkan harga diri kamu, dapat berdampak buruk bagi kehidupan dan kesehatan mental kamu.

Penghinaan atau pelecehan dari orang lain memang tidak bisa kita cegah, tapi ada beberapa tips yang ampuh untuk menghadapinya :

  1. Berusahalah untuk tidak terpancing emosi

Bagi sebagian orang, reaksi pertama ketika menghadapi penghinaan adalah tersulut emosi dan marah besar. Marah adalah reaksi paling umum ketika kita dihina atau direndahkan orang lain. Tapi sebaiknya kamu mengontrol diri kamu dan jangan tersulut emosi.

Kemarahan justru akan membuat kita berada dalam kondisi lemah.  Itu karena ketika kita marah, maka artinya orang lain telah berhasil meremehkan kita. Selain itu, kemarahan juga akan memicu lebih banyak konflik. 

  1. Anggap saja orang yang menghina kamu sedang membicarakan dirinya sendiri

Terkadang, orang tidak benar-benar menyadari apa yang mereka lakukan, sehingga mereka mungkin membuat komentar negatif yang melukai orang lain.  Faktanya, orang yang merendahkan kita mungkin hanya memproyeksikan ketakutan mereka sendiri kepada kita.  Meskipun kita tidak boleh membiarkan orang lain menindas kita, tapi kadang kita tidak perlu membalas kekerasan dengan kekerasan. 

Saat orang menghina, menyindir dan meremehkan kamu, anggaplah orang itu sedang mengatai dirinya sendiri. Dengan berpikir demikian, kamu tidak akan terlalu tersulut emosi dan tidak akan bereaksi berlebihan. 

  1. Beri jeda waktu untuk menanggapi

Ketika kamu merasa bahwa komentar atau tindakan orang lain telah menyinggung perasaan kamu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menarik napas dalam-dalam dan membiarkan waktu berlalu beberapa saat sebelum kami bereaksi.  

Hal ini akan memberi kamu lebih banyak perspektif tentang apa yang baru saja terjadi dan dapat membantu kamu membuat keputusan yang lebih baik.  

  1. Melawan dengan halus dan ramah

Beberapa orang hobi mengkritik atau selalu membuat nama panggilan yang menyakitkan. Sejatinya orang-orang seperti ini hanya ingin memancing emosi kamu. Untuk menghindari konflik, cobalah untuk melawan dengan cara yang halus atau ramah. Biarkan mereka tahu bahwa mereka tidak berhasil menyulut emosi kamu dan bahwa apa yang mereka katakan itu tidak benar.

  1. Minta penjelasan

Terkadang, penghinaan bisa muncul dalam wujud pujian yang sarkastis dan sulit untuk dikatakan sebagai sebuah hinaan. Tapi, ketika kamu merasa tersinggung dan tidak nyaman dengan pernyataan orang, kamu selalu bisa menanyakannya. Cobalah untuk meminta penjelasan dengan tegas namun sopan. Tanyakan apa alasan dia mengatakan hal itu padamu. 

  1. Abaikan, anggap dia tidak ada

Tips yang terakhir adalah tips untuk mengabaikan orang yang menghina kita. Kamu tidak perlu lagi membuang tenaga dan waktu untuk menanggapi orang seperti itu. Tunjukkan bahwa kamu tidak peduli pada apa yang dia katakan. Tidak perlu menunjukkan dengan kata-kata, cukup abaikan dia dan anggaplah dia tidak terlihat.

Baca Juga :

6 Tanda Kamu Sedang Dimanfaatkan dan Diremehkan Orang Lain

Jangan Anggap Remeh Bintik Gelap Pada Leher. Karena Ini Juga Sangat Berpengaruh untuk Kulit Kamu

Jangan Meremehkan Kedelai! Inilah 3 Manfaat Tersembunyi Dari Kedelai

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik