Vitamin terbaik untuk kulit akan mendukung fungsi sehari-hari dan menggantikan kekurangan nutrisi. Kulit adalah organ tubuh terbesar dan bertindak sebagai penghalang antara Anda dan dunia luar. Tapi, itu juga bisa menunjukkan tanda-tanda apa yang mungkin terjadi di dalam.

Diet seimbang, olahraga teratur, genetika, dan perawatan kulit yang efektif semuanya berkontribusi pada kulit yang bagus. Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D, Anda tidak hanya rentan terhadap tingkat energi yang lebih rendah dan suasana hati yang buruk – tapi juga kulit Anda akan kurang mampu melawan polusi atau mencegah jerawat bersisik atau gatal. Makanan kaya vitamin yang tepat tidak hanya akan membuat kulit Anda bersinar, tetapi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang vitamin esensial untuk mendapatkan kulit Anda dalam kondisi prima, simak penjelasannya berikut ini.

1) Vitamin D/D3

Vitamin D atau ‘vitamin sinar matahari’ memiliki sejumlah manfaat seperti memperkuat tulang dan otot, meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kekebalan serta mempromosikan kulit yang sehat tetapi vitamin D3 yang ingin Anda perhatikan ketika datang ke masalah kulit.

Vitamin D3 adalah bentuk alami vitamin D yang diproduksi tubuh Anda ketika Anda berada di bawah sinar matahari dan bekerja untuk meremajakan sel-sel Anda dan melindunginya dari radikal bebas seperti polusi. Kebanyakan dari kita kekurangan vitamin D, terutama setelah musim dingin, dan Vitamin D3 juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kekurangan vitamin D3 dapat menyebabkan masalah kulit seperti kulit kering, mengelupas dan gatal.

2) Vitamin B/B12

Studi terbaru menunjukkan bahwa asupan vitamin B secara teratur berkontribusi pada produksi sel yang normal dan sehat dan kebanyakan orang sering kekurangan. Mungkin sulit untuk memahami vitamin B mana yang Anda butuhkan sehingga vitamin B kompleks menjaga semua basa tetap tertutup. Ada 8 vitamin B di dalam tubuh, dan mereka penting untuk pertumbuhan sel, perkembangan dan fungsi secara keseluruhan.

Jenis vitamin B yang paling efektif untuk kulit Anda adalah vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 paling sering menyebabkan jerawat, hiperpigmentasi serta kulit kering, bersisik dan gatal. Jika Anda seorang vegan, mungkin sulit untuk mempertahankan kadar vitamin B12 karena mereka paling sering ditemukan dalam produk hewani seperti daging, telur, susu, keju, dan ikan sehingga suplemen makanan disarankan.

3) Vitamin C

Jika Anda tidak mengoleskan vitamin C topikal ke kulit Anda atau Anda merasa terlalu mengiritasi, cobalah mengonsumsi suplemen vitamin C sebagai gantinya. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas sebelum menimbulkan malapetaka. Vitamin C mengurangi peradangan dan membantu menjaga kulit tetap kuat dan kencang, meminimalkan munculnya garis-garis halus. Vitamin C mengaktifkan sel-sel yang disebut fibroblas yang membuat kolagen baru, sehingga memberi Anda kulit yang tampak lebih halus dan lebih terhidrasi.

Buah jeruk dan beri adalah sumber Vitamin C alami yang bagus, tetapi tablet harian atau semprotan oral bisa sangat bagus untuk pengisian harian. Vitamin C akan memberi tubuh dan kulit dorongan menyeluruh. Jika kita merawat kulit kita secara internal maupun eksternal, kita lebih mungkin untuk melihat hasilnya dengan kulit kita.

4) Vitamin E

Vitamin lain yang bermanfaat untuk kesehatan kulit adalah vitamin E. Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan. Fungsi utamanya dalam perawatan kulit adalah untuk melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari saat dioleskan ke kulit. 

Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, vitamin E dapat membantu mengatasi kekurangan sebum serta membantu mengobati peradangan kulit. Vitamin E juga dapat dioleskan langsung pada kulit dalam bentuk krim wajah atau serum tetapi menyehatkan kulit Anda dari dalam juga dan Anda akan melihat hasil yang lebih besar lagi.

5) NAD+ (Nicotinamide Adenine Dinucleotide)

Jika Anda belum pernah mendengarnya, NAD+ adalah vitamin terbaru yang menjanjikan kulit luar biasa. Ini sebenarnya adalah bentuk vitamin B3, lebih dikenal sebagai bahan perawatan kulit nicotinamide atau niacinamide.

Yang sering nampak dalam kemasan suplemen kulit saat ini adalah NAD+ yang merupakan molekul penting dalam tubuh kita yang memberi kekuatan pada semua sel kita (termasuk sel kulit) untuk berfungsi secara optimal. Suplemen terbaik memiliki bentuk Vitamin B3 tingkat tinggi yang disebut nikotinamida. Ini akan meningkatkan kadar NAD+, yang menurun seiring bertambahnya usia, menyebabkan penuaan kulit dan hilangnya energi secara keseluruhan.

Sederhananya, ini menunjukkan betapa pentingnya suplemen vitamin B kompleks bagi kulit dan bagaimana berbagai bentuk vitamin ini semuanya berkontribusi pada fungsi sel-sel kulit yang sehat.

6) Peptida Kolagen

Bukan vitamin tetapi protein esensial yang melawan efek penuaan pada kulit; peptida kolagen harus dimiliki setiap hari. Sebagai salah satu bahan pembangun kulit kita, kolagen berperan besar dalam menjaga kulit tampak sehat dan awet muda. Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen alami kita berkurang secara signifikan. 

Kolagen memainkan peran besar dalam kesehatan kulit. Sejak usia 25 tahun, tubuh kita menghasilkan 1% lebih sedikit kolagen per tahun, yang menyebabkan kekeringan, garis-garis, kerutan, dan hilangnya kekencangan. Peptida kolagen tidak hanya membantu mendukung kuku dan rambut, tetapi juga membantu memperkuat kulit, mendukung elastisitas, dan meningkatkan hidrasi. Untuk menghindari kerutan dini semakin parah dan menjaga kulit tampak montok, peptida kolagen dalam bentuk minuman kolagen adalah pilihan terbaik Anda.  

Baca Juga :

5‌ ‌Cara‌ ‌Berbeda‌ ‌Untuk‌ ‌Mengaplikasikan‌ ‌Vitamin‌ ‌E‌ ‌Untuk‌ ‌Kulit‌ ‌Anda‌

Tidak hanya Kaya Akan Vitamin untuk Tubuh, Apel Hijau Juga Kaya Akan Vitamin untuk Kulit

Siapa Sih yang Tidak Tahu Tentang Vitamin E? Apalagi Manfaatnya yang Luar Biasa Untuk Kulit

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Cahaya Untuk Jerawat Bag 2

Jika Anda pernah berurusan dengan jerawat, bahkan jika