Dandelion adalah jenis tanaman berbunga yang tumbuh di banyak bagian dari dunia. Kamu mungkin biasa menganggapnya rerumputan bandel yang nampaknya tak pernah meninggalkan kebunmu. Namun, dalam praktek kesehatan herbal tradisional, dandelion dianggap sebagai tanaman dengan banyak manfaat. Ini memiliki banyak sekali properti kesehatan. Apa saja manfaat dandelion yang paling populer?

Sangat bernutrisi

Saat membicarakan konten nutrisi, ternyata kamu bisa mengandalkan manfaat dandelion yang tak kalah dengan isi dari kebun sayurmu. Meski nampak seperti tanaman semak atau rumput gulma, dari akar hingga bunga dandelion tergolong sangat tinggi nutrisi, kaya vitamin, mineral, dan serat. Daun dandelion bisa dimakan mentah atau masak dan berfungsi sebagai sumber vitamin A, C, dan K. Daun ini juga mengandung vitamin E, folat, dan vitamin B lain dengan jumlah kecil. Selain itu, daun dandelion juga mengandung mineral lain, termasuk zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium. Sementara, akarnya kaya dengan serat yang bisa mendukung pertumbuhan flora bakteri sehat yang ada di saluran pencernaanmu.

Mengandung antioksidan

Siapa sangka bahwa salah satu manfaat dandelion adalah menangkal radikal bebas? Iya, ini karena dandelion mengandung antioksidan yang sangat ampuh. Ini adalah molekul-molekul yang bisa membantu menetralisir atau menghindari dampak negatif dari radikal bebas di tubuhmu. Radikal bebas merupakan produk dari metabolisme normal yang sebenarnya bisa destruktif. Kehadiran terlalu banyak radikal bebas di tubuhmu bisa membuat perkembangan penyakit jadi meningkat dan mempercepat penuaan. Karena itu, penting untuk mengonsumsi antioksidan agar tubuhmu jadi sehat. Betakaroten terkandung di dandelion, yang bisa memberikan perlindungan kuat melawan kerusakan seluler dan stres oksidatif.

Membantu melawan inflamasi

Dandelion bahkan mungkin juga efektif dalam mengurangi inflamasi yang disebabkan oleh adanya berbagai senyawa bioaktif yang terkadnung di dalamnya, seperti polifenol. Inflamasi adalah salah satu respon alamiah tubuhmu terhadap luka atau rasa sakit. Seringkali, inflamasi yang keterlaluan bisa membuat kerusakan permanen pada jaringan tubuh dan DNA-mu. Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat dandelion yang diolah dalam bentuk senyawa bisa mengurangi inflamasi secara sangat signifikan di sel. Bahkan, pada penelitian di subjek hewan yang secara artifisial sudah diberikan penyakit paru-paru terinflamasi, ditemukan bahwa inflamasi paru ini berkurang secara signifikan setelah hewan diberi dandelion. Meski penelitian hewan ini tergolong kejam dan kurang akurat bagi subjek manusia, tetapi kemungkinan juga berlaku untuk manusia.

Bisa membantu kontrol gula darah

Asam sikorik dan asam klorogenik adalah dua senyawa bioaktif pada dandelion yang ditemukan di seluruh tanaman dan bisa membantu mengurangi gula darah. Berdasarkan studi uji tuba maupun pada subjek hewan, ditemukan bahwa senyawa ini bisa meningkatkan sekresi insulin dari pankreas sembari meningkatkan penyerapan glukosa di jaringan otot.

Banyak banget kan manfaat dandelion?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Terlalu Malas Berolahraga? Inilah 8 Cara Mengatasinya

Jika Anda salah satu dari mereka yang mengatakan