Saat kamu belajar mengidentifikasi pola rambut keriting atau ikal, kamu akan lebih memahami cara menata, merawat, dan melindungi rambut ikal kamu.

Apa Itu Pola Ikal?

Bentuk ikal rambut kamu tergantung pada bentuk folikel rambut. Semakin bundar folikel rambut, semakin lurus helai rambut kamu, dan semakin rata folikelnya, semakin keriting rambut kamu. Untuk membuat hal-hal tersebut lebih mudah dipahami, kamu akan sering mendengar para ahli mengategorikan rambut ikal berdasarkan bentuk dan bagaimana rambut ditekuk dengan angka 1 yang super lurus hingga 4 yang dililit dengan erat.

Bagaimana Cara Menemukan Pola Keriting Alami?

Mulailah dengan identifikasi rambut saat basah.

  • Wavy :  rambutmu akan terlihat lurus saat basah dan akan menyusut sekitar 10% panjangnya saat mengering.
  • Curly :  rambutmu akan terlihat bergelombang ketika basah dan akan menyusut sekitar 25% ketika kering.
  • Coily Strands : kamu akan memiliki gulungan yang kencang saat basah dan rambut kamu akan mengalami penyusutan besar yaitu ​​sebanyak 50% ketika helai rambut kamu mengering.

Setelah kamu mengidentifikasi mana dari tiga kategori utama rambut kamu jatuh ke dalam, kamu dapat mengenal rambut kamu lebih dalam di sub kategori berikut ini :

Tipe 2 – Wavy

  1. 2A

Jika kamu memiliki rambut yang sedikit menekuk, tetapi masih cukup dekat dengan kepala, kamu akan diidentifikasi sebagai 2A. Jenis gelombang ini dapat dengan mudah dimanipulasi untuk meluruskan atau memberikan lebih banyak gelombang dengan produk yang tepat.

  • 2B

Mirip dengan untaian 2A, pola ikal ini terletak sangat dekat dengan kepala, tetapi kali ini kamu akan melihat pola berbentuk S yang konsisten di seluruh rambut.

  • 2C

Jenis rambut ini adalah yang terberat dalam kategorinya dan pola berbentuk S sangat jelas dan mungkin mulai mendekati kulit kepala. Wanita dengan helai 2C juga dapat menemukan bahwa gelombang besar juga dapat muncul sebagai ikal di seluruh kepala mereka.

Tipe 3 – Curly

  1. 3A

Jenis ikal ini terlihat bergelombang ketika basah, tetapi berubah menjadi ikal saat mengering.

  • 3B

Jenis ini lebih ketat dari ikal 3A, tetapi ringlets masih relatif besar, ikal 3B cenderung cepat kering.

  • 3C

Kamu dapat menebaknya, ikal 3C sering disebut sebagai pembuka botol dan ukurannya sebesar pensil. Untuk jenis rambut keriting ini, sebaiknya kamu menggunakan lebih banyak krim daripada gel saat menata dan menyegarkan dengan kondisioner dan air sesuai kebutuhan.

Tipe 4 – Coily Strands

  1. 4A

Mirip dengan 3C, pola ikal ini terlihat seperti pembuka botol, tapi ini seukuran sumpit.

  • 4B

Rambut 4B lebih dari zig-zag dan membutuhkan produk untuk menimbang rambut keriting untuk mendapatkan rambut yang lebih panjang. Karena rambutnya sangat lebat, sebaiknya kamu menggunakan produk Sparkling Soda Shine Mist yang berbau harum, menambah kilau rambut dan menjaganya supaya mudah diatur.

  • 4C

Ini adalah yang paling ketat dari semua rambut ikal yang ada hingga membuat polanya sulit dilihat. Rambut jenis ini tidak mudah mempertahankan kelembaban atau menyerap produk perawatan rambut. Untuk tekstur rambut ini, gunakanlah krim penata rambut yang penuh bahan-bahan pelembab seperti Pelembab Harian As I Double Butter dan lakukan finishing dengan Sparkling Shine Mist.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tips-menyisir-rambut-keriting-dengan-cara-yang-benar/

http://www.tampilcantik.com/rambut-keriting-kamu-sering-kusut-segera-atasi-dengan-cara-ini-untuk-menghindari-rambut-kusut-kamu/

http://www.tampilcantik.com/penasaran-bagaimana-wizzy-menjaga-rambut-keritingnya-agar-tetap-terjaga-dan-sehat/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Cara Mencerahkan Warna Rambut dengan Bahan Alami (Tanpa Bleaching!)

Gaya rambut sudah bukan lagi kebutuhan sekunder apalagi