Kulit Anda cukup terbuka terhadap saran saat Anda tidur, artinya Anda dapat memberinya produk dan perawatan yang kuat yang menargetkan masalah tertentu. Hal ini terutama berlaku pada jerawat dan berjerawat, yang mungkin diabaikan di siang hari demi penggunaan riasan dan SPF. Anda mungkin tidak suka berjalan-jalan dengan perawatan spot dan patch hidrokoloid di siang hari. Selain itu, banyak perawatan jerawat yang mungkin bereaksi dengan riasan dan SPF yang berat sehingga tidak ideal untuk digunakan di siang hari. Hal ini menjadikan malam hari sebagai waktu yang ideal untuk mengatasi noda yang mengganggu ini; tapi bagaimana caranya? Intervensi klinis pada bentuk jerawat dan bisul yang lebih ringan tidak diperlukan, jadi inilah cara menghilangkan jerawat dalam semalam di rumah. 

  1. Gunakan Tea Tree Oil 

Raw tea tree oil dan organik mengandung sifat antibakteri, antimikroba, dan antijamur yang kuat. Ia mengatasi noda Anda dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghambat pertumbuhan lebih lanjut serta penyebaran noda. Hal ini karena adanya senyawa bernama terpene yang mampu menembus kulit rawan noda dan meningkatkan aksi antimikrobanya. Minyak pohon teh tidak hanya berfungsi sebagai pengobatan yang baik untuk mengeringkan jerawat dalam semalam, tetapi juga dapat menghentikan munculnya jerawat baru. Cocok untuk jerawat kering, kami tidak menyarankan kulit berminyak dan rentan berjerawat dirawat dengan minyak pohon teh.

Cara Penggunaan:

Campurkan 2-3 tetes minyak esensial pohon teh dengan 10-12 tetes minyak pembawa seperti almond, zaitun, atau biji anggur. Cuci wajah Anda dengan pembersih lembut bebas sabun dan oleskan campuran tersebut hanya pada jerawat dengan jari yang bersih. Biarkan minyak mengering sebelum Anda tidur, pastikan untuk mengoleskan gel atau pelembab berbahan dasar air untuk menghindari kekeringan. Cuci wajah Anda dengan air hangat di pagi hari – lanjutkan dengan pembersih yang lembut dan biarkan mengering, lengkapi dengan pelembab dan SPF.

  1. Oleskan Kantong Teh Hijau Basah Pada Kulit Yang Bernoda Sebelum Tidur

Teh hijau bukan hanya minuman sehat untuk meningkatkan kesehatan Anda, tetapi juga baik untuk kulit Anda. Salah satu sumber antioksidan terbaik yang menyehatkan kulit, katekin dan flavonoid yang terkandung dalam teh hijau telah dikenal memiliki efek menyejukkan, menenangkan, dan mencerahkan kulit. Ia melakukannya dengan melawan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit dan dengan demikian meniadakan efek berbahayanya. Sifat-sifat ini memberi teh hijau kemampuan untuk meringankan kondisi kulit seperti jerawat ringan hingga sedang.

Cara Penggunaan:

Cara terbaik memanfaatkan teh hijau untuk mengatasi noda semalaman adalah dalam bentuk teh celup. Seduh teh hijau dan simpan sisa kantong teh basah di lemari es. Sebelum tidur, cuci muka dan tempelkan kantong teh hijau dingin pada area yang berjerawat selama 5-10 menit. Biarkan area tersebut mengering dan lanjutkan dengan krim malam Anda dan pergi tidur. Di pagi hari, lakukan rutinitas pagi Anda yang biasa dan akhiri dengan tabir surya.

  1. Gunakan Perawatan OTC

Mengenai perawatan OTC (over-the-counter) yang dapat Anda gunakan dengan aman di rumah, bahan terbaik yang harus dicari adalah AHA berkekuatan rendah seperti asam salisilat dan asam glikolat, serta pembunuh bakteri penyebab jerawat seperti benzoil peroksida dan sulfur. . Obat-obatan ini sering kali diformulasikan sebagai krim dan gel pengobatan noda dan tidak hanya berfungsi menghilangkan noda dengan cepat, tetapi juga mengurangi jaringan parut pasca jerawat. Beberapa produk ini juga menawarkan pengelupasan kulit ringan dan menghambat penyumbatan pori-pori untuk mencegah timbulnya jerawat lebih lanjut.

Cara Penggunaan:

Penting untuk membersihkan kulit Anda dengan pembersih lembut yang tidak menyebabkan iritasi dan pH seimbang sebelum menggunakan perawatan OTC. Pastikan pembersih atau pelembap Anda tidak mengandung bahan aktif apa pun karena dapat berinteraksi dengan perawatan noda dan menyebabkan iritasi. Oleskan pelembab Anda sebelum perawatan spot untuk melembabkan kulit dan mengurangi kemungkinan rasa kesemutan atau gatal pada jerawat Anda.

  1. Rawat Kulit Dengan Masker DIY Sebelum Tidur

Tidak ada yang bisa mengalahkan perawatan noda di malam hari seperti masker DIY yang tidak berminyak dan melawan jerawat yang dilakukan sebelum tidur. Campuran madu, kunyit, dan soda kue tidak hanya membantu mengatur produksi sebum di kulit Anda, tetapi juga melonggarkan dan mengatasi komedo hitam dan putih.

Cara Penggunaan –

Oleskan masker selama 5-10 menit sebelum tidur, ini akan membantu menghilangkan pori-pori, melembabkannya dan memberikan manfaat antibakteri untuk membantu mengatasi noda. Lanjutkan dengan krim malam Anda dan bangun dengan kulit segar dan tampak lebih cerah di pagi hari. Anda dapat menambahkan bahan-bahan seperti garam halus, jus mentimun, dan lidah buaya ke dalam masker untuk mengatasi kekeringan dan kusam pada kulit Anda juga.

Tindakan pencegahan yang harus diambil saat merawat jerawat di rumah

Berikut beberapa tip keamanan saat merawat noda di rumah:

  • Selalu lakukan uji tempel terhadap perawatan yang ingin Anda gunakan pada lengan Anda, berikan waktu 48 jam untuk menilai apakah Anda bereaksi terhadap salah satu pengobatan yang disebutkan di atas.
  • Jangan melakukan perawatan ini secara berlebihan karena meskipun aman, melakukannya secara berlebihan dapat menyebabkan masalah seperti kemerahan dan iritasi.
  • Hentikan penggunaan pengobatan jika Anda melihat masalah seperti kulit kering atau bercak karena beberapa bahan alami dapat menyebabkan masalah jika digunakan terlalu banyak atau terlalu sering.
  • Jangan mencampur obat pengontrol noda semalaman dengan bahan aktif kuat lainnya seperti retinoid atau AHA. Hal ini dapat menyebabkan pengelupasan kulit secara berlebihan bahkan menimbulkan reaksi alergi pada kulit.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda tidak melihat pengobatan rumahan yang dapat membantu mengendalikan noda karena akar masalahnya mungkin lebih parah, dan hanya ahlinya yang dapat membantu Anda mengatasinya.

Baca Juga :

6 Cara Menghilangkan Jerawat yang Terbukti untuk Kulit Bersih

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Dahi Jerawat, 8 Tipsn Bebas Jerawat

5 Tips Terbaik Mengaplikasikan Riasan Pada Kulit Rawan Jerawat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Terbaik untuk Melembutkan dan Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah bisa menjadi gangguan yang nyata. Mereka