Setiap orang ingin selalu sehat dan mendapat perawatan yang baik saat sakit. Namun dengan adanya pandemik Virus Korona (COVID-19) yang saat ini juga sudah mewabah di Indonesia, ada baiknya kita tahu bagaimana cara mengantisipasi hal buruk yang bisa saja terjadi di masa depan. Nah, kira-kira apa yang harus dilakukan jika kamu memiliki gejala Covid-19, atau jika kamu sedang menunggu tes hasil uji lab Covid-19, atau jika kamu telah bepergian ke daerah yang terkena dampak parah, atau kamu melakukan kontak dengan seseorang yang memiliki penyakit tersebut? Simak tips berikut ini :

  • Tetap di rumah

Jangan meninggalkan rumah kecuali untuk mendapatkan perawatan medis. Kamu juga bisa menolak kunjungan orang ke rumahmu. Hubungi teman dan keluarga secara online atau melalui telepon. Jika kamu berbelanja online untuk pengiriman makanan, obat-obatan, atau keperluan lainnya, pastikan untuk membuat instruksi pengiriman, katakan bahwa barang harus diletakkan di luar, tidak diserahkan secara langsung.

  • Pisahkan diri kamu dari orang lain

Menginap di satu kamar, dengan pintu tertutup. Idealnya adalah kamar yang memiliki jendela ke luar yang dapat kamu buka. Jangan berbagi pecah belah, peralatan makan, gelas, selimut atau handuk dengan siapa pun di rumah kamu. Pencuci piring dapat digunakan untuk membersihkan pecah belah dan peralatan makan. Jika memungkinkan,  selimut dan handuk harus diletakkan di dalam kantung plastik dan dicuci hanya saat hasil tes Covid-19 negatif atau isolasi diri selesai.

  • Makanan dan kamar mandi

Siapkan makanan di luar pintu kamu. Jika kamu memasak untuk diri sendiri, lakukanlah ketika tidak ada orang lain di dapur – dan bawa makanan ke kamar kamu untuk. Jika kamu memiliki lebih dari satu kamar mandi di rumah kamu, gunakan yang terpisah. Jika kamu harus berbagi kamar mandi, pastikan kamu membersihkannya secara menyeluruh dan teratur. Jika kamu tinggal di asrama, usahakan ke luar kamar hanya jika diperlukan saja, dan pakailah masker saat keluar kamar. Cobalah untuk menghindari menggunakan dapur atau kamar mandi bersama.

  • Menjauh dari binatang peliharaan jika memungkinkan

Kamu bisa tetap melakukan kontak dengan hewan peliharaan yang kamu sayang, meskipun sebenarnya dianjurkan untuk menjauhi binatang. Tapi ingat untuk selalu cuci tangan kamu sebelum dan sesudah kontak sebagai tindakan pencegahan.

  • Buang tisu dengan aman setelah kamu batuk atau bersin

Buang mereka ke dalam kantong plastik dan segera cuci tangan kamu dengan sabun dan air, lalu keringkan tangan sampai bersih. Jika kamu mengalami gejala, maka kenakan masker ketika kamu berada di ruangan yang sama dengan orang lain, atau jika kamu pergi untuk perawatan medis.

  • Rajin mencuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun dan air, selama 20 detik lalu bilas dan keringkan sampai tuntas. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut kamu dengan tangan yang kotor.

  • Cara membuang sampah

Semua sampah, termasuk tisu dan masker bekas, harus dimasukkan ke dalam kantong sampah plastik dan diikat saat kantong plastik sudah penuh. Kantong plastik kemudian harus ditempatkan di kantong sampah kedua dan diikat dengan rapat. Jangan membuangnya atau mengeluarkannya untuk pengumpulan sampai kamu memiliki hasil tes, atau sampai karantina selesai. Jika hasil tes kamu positif, kamu akan mendapatkan instruksi tentang cara membuang limbah.

  • Jika gejala memburuk

Cari bantuan medis dengan cepat jika kamu mengalami gejala baru atau jika gejala kamu memburuk (misalnya, jika kamu memiliki masalah pernapasan).

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/qna-tentang-covid-19-virus-corona/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Uji Trik Penurunan Berat Badan

Jika kamu mencari tips dan trik untuk diet,