Bagi wanita, kata kolagen memang sudah tidak asing lagi, karena kalian sudah sering mendengarnya. Sebenarnya kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Cara menambah asupan kolagen dalam tubuh adalah dari makanan yang kita konsumsi setiap hari, seperti buah yang mengandung vitamin C, produk berbahan dasar kedelai, sayran yang mengandung vitamin C dan K, dan omega 3, Dalam tubuh ada sekitar 30% kolagen dari seluruh protein yang terdapat pada tubuh. Kolagen sangat penting untuk tubuh, karena dapat memberikan kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat pathogen, zat beracun lainnya, mikro organisme, dan sel kanker. Tidak hanya itu saja, kolagen juga berfungsi memberikan kelenturan, elastisitas, kelembapan, kekenyalan, dan ketahanan pada kulit. Dengan begitu kolagen sangat penting sekali untuk membuat seseorang terlihat awet muda. dan seiring bertambahnya usia, tekstur kulit yang semakin kendur adalah hal yang wajar, karena kolagen dalam tubuh semakin berkurang setiap tahunnya.

Karena sangat penting untuk kulit, kamu juga harusmengetahui apa saja fakta dari kolagen, antara lain :

  1. Kolagen Tidak Dapat Langsung Diserap Kulit

Image result for kolagen menyerap kulit

Fakta pertama tentang kolagen adalah kolagen tidak dapat langsung diserap kulit. Biasanya banyak sekali produk skin care yang mengandung kolagen. Sebenarny kolagen tidak dapat diserap kulit karena kolagen adalah molekul protein yang mempunyai ukuran terlalu besar. Akan tetapi sekarang teknologi sudah berkembang sedemikian rupa, jadi para ilmuwan sudah mengolah kolagen menjadi molekul yang lebih kecil. Tetapi tidak semua produk kecantikan sudah mengandung kolagen yang seperti itu. Saat membeli produk kecantikan yang mengandung kolagen, kamu harus melihat pada bagian kemasan, jika terdapat kandungan soluble collagen berarti kolagen yang terkandung didalamnya efektif untuk digunakan.

  1. Kolagen Alami Bisa Rusak Karena Paparan Sinar UV

Image result for kolagen terkena sinar matahari

Fakta sekanjutnya  tentang kolagen adalah kolagen alami akan rusak jika terkena paparan sinar UV. sinar matahari yang sudah tersaring ozon mempunyai dua jenis sinar ultraviolet, yaitu UVA dan UVB. Sinar ultraviolet yang mempunyai pengaruh besar untuk merusak kolagen alami adalah UVB. jadi untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu rutin menggunakan tabir surya dank rim wajah yang memiliki SPF. Sehingga kulit kamu akan terlindungi dari sinar UVB dan PA untuk perlindungan dari UVA.

  1. Kolagen Bisa Digunakan Untuk Filler dalam Dunia Medis

Image result for kolagen sebagai filler

Fakta sekanjutnya  tentang kolagen adalah kolagen bisa digunakan untuk filler dalam dunia medis. Biasanya kolagen langsung disuntikkan dalam tubuh untuk mengisi kerutan yang cukup dalam. Tidak hanya itu saja, kolagen juga dapat berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak karena bekas jerawat.

Inilah beberapa fakta tentang kolagen yang mungkin belum kamu ketahui.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kepala Yang Gatal

Apakah itu tingkat kelembaban dan hujan yang tinggi