Ketombe di rambut sangat mengganggu bahkan memalukan bagi sebagian besar orang. Tidak hanya membuat kulit kepala kita terasa tidak nyaman karena lembap dan gatal, tetapi juga sangat memalukan saat ketombe rontok di pakaian kita atau terlihat sampai ke helai rambut.

Tanpa sadar, kadang ketika kita mencoba menghilangkan ketombe, kita justru banyak melakukan hal yang membuat masalah ketombe semakin parah. Berikut adalah daftar kebiasaan yang membuat rambut kamu  berketombe :

  1. Kamu terlalu jarang atau terlalu sering keramas

Ketika kamu jarang keramas, sebum akan menumpuk di kulit kepala bersama dengan keringat. Ini adalah kondisi sempurna bagi ketombe untuk muncul di rambut kamu. Nah, di sisi lain, kamu juga tidak boleh terlalu sering menggunakan sampo, karena  kamu bisa kehilangan semua minyak esensial dari kulit kepala kamu yang sangat kamu perlukan untuk menutrisi dan memperkuat rambut. 

Untuk hasil terbaik, keramaslah setiap 2 atau 3 hari sekali.

  1. Kamu tidak menggunakan kondisioner

Kondisioner tidak hanya penting untuk kamu yang mewarnai rambut, tapi juga untuk kamu yang berketombe. Saat kamu keramas, kamu akan menghilangkan kotoran di rambut dan juga sebum alaminya. Sebum itu perlu diisi ulang dan inilah manfaat atau fungsi dari kondisioner. Dengan menggunakan kondisioner, kamu akan menambahkan vitamin dan nutrisi ke rambut kamu. 

  1. Kamu memiliki kepekaan terhadap jamur alami di rambut kamu

Ketombe disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut malassezia, yang juga menyebabkan masalah jerawat. Kita semua memiliki jamur ini di kulit kita, tetapi beberapa orang cenderung memiliki kulit kepala yang lebih berminyak daripada yang lain karena jamur ini memakan minyak di kulit. Jadi, ketombe pun akan muncul. 

  1. Kamu tidak membilas rambut dengan benar

Setelah membilas rambut, kamu mungkin meninggalkan beberapa residu di kulit kepala yang bisa menjadi lingkungan sempurna untuk reproduksi ketombe. Jika terlalu banyak kotoran dan minyak yang keluar di kulit kepala, malassezia dapat tumbuh secara berlebihan dan menyebabkan ketombe, atau bahkan dermatitis seboroik, yang merupakan kondisi ketombe yang parah.

  1. Kamu tidak menyisir rambut dengan benar

Menyisir rambut dapat meningkatkan sirkulasi dan mengangkat sel kulit mati. Dengan menyisir, kamu juga akan menghilangkan kotoran dari kulit kepala, sehingga perlu dilakukan setiap hari untuk meminimalisir penyebab ketombe. Lakukan secara rutin, 2 kali sehari, tapi jangan berlebihan. Terlalu sering menyisir rambut dapat menyebabkan rambut rontok.

  1. Kamu terlalu stres

Saat kita stres, sistem kekebalan kita akan melemah dan ini dapat mendorong pertumbuhan minyak dan jamur. Jika kamu menyadari bahwa kamu mulai mengalami masalah ketombe selama periode waktu tertentu, coba tuliskan peristiwa apa yang terjadi selama periode waktu tersebut dan bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan rambut kamu. Tenangkanlah diri kamu dan cobalah untuk berjalan-jalanlah demi menjernihkan pikiran. Kamu juga bisa memulai yoga, atau mandi air hangat dalam waktu lama untuk membantu kamu merasa lebih rileks.

  1. Kamu terlalu banyak makan makanan manis

Di dunia ini siapa yang tidak suka camilan manis atau dessert? Sepertinya tidak ada! Tapi sayangnya, gula bisa memengaruhi kesehatan rambut kamu dengan menciptakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh kamu. Gula dalam makanan favorit kamu dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga kelenjar kamu mulai memproduksi lebih banyak minyak. Itulah sebabnya rambut kamu mungkin lebih cepat berminyak dan ini juga menyebabkan ketombe lebih banyak muncul.

Baca Juga :

5 Cara Mudah Hilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

5 Kebiasaan yang Membuat Ketombe Semakin Parah

Tahukah Kamu Ternyata Listerine Juga Bisa Membasmi Masalah Ketombe???

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hati-hati, Salah Pilih Warna Rambut Bisa Membuat Kamu Terlihat Lebih Tua!

Semua orang ingin memiliki warna rambut yang akan