Sudah putus dengannya tapi masih tetap berteman juga? Beberapa orang percaya bahwa ini bukanlah sebuah hal yang mustahil atau akan bermasalah. Bahkan, berdasarkan sebuah studi yang diselenggarakan pada tahun 2016, mereka yang berteman dengan mantan punya berbagai motif yang berbeda, misalnya karena ingin bisa memulai kembali hubungan romantis, tetap ada di dekatnya karena ingin punya kesempatan membalas dendam, atau hanya karena mereka mulai dari pertemanan dan benar-benar menghargai ikatan ini. Jika motifmu adalah yang pertama atau kedua, maka sebaiknya kamu membatalkan ini karena ini hanya akan berujung pada lebih banyak penderitaan dan sakit hati. Tapi, jika kamu ingin tetap berteman dengan mantan karena merasa bahwa ia adalah orang yang bisa memahamimu dan kalian memang malah lebih baik hanya berteman daripada pacaran, maka sebelumnya, ada beberapa hal dulu yang harus kamu pahami.

Tetap berteman dengan mantan boleh, tapi ingat hal-hal ini.

Tetap berteman dengan mantan adalah sebuah poses

Kamu tak bisa begitu saja berteman dengan mantan dan berharap bahwa semuanya akan baik-baik saja dengan cepat. Sebaiknya, ada sebuah periode dimana kamu dan dia tidak saling berhubungan untuk berduka terhadap hubungan yang telah berakhir tersebut. Jumlah waktunya tergantung pada pihak yang terllibat, namun setelah periode berduka ini lewat, kamu dan dia akan bisa sama-sama bicara satu dengan lain tanpa perlu terlalu emosional atau kembali membicarakan hal-hal yang sudah lalu.

Ia mungkin menolak akan bicara tentang kehidupan cintanya yang sekarang

Setidaknya, selama beberapa saat. Jika kamu dan dia akan tetap berteman dan ingin pertemanan ini langgeng, kamu tak bisa terburu-buru. Suatu hari, kalian berdua akan merasa cukup nyaman untuk saling bertukar cerita kencan yang menyebalkan, tetapi jangan memaksa hanya karena ingin membuktikan bahwa kamu siap untuk sebuah pertemanan. Terimalah bahwa mantanmu mungkin masih belum ingin berbagi denganmu tentang hal sensitive ini, dan jika kamu juga masih belum bisa mendengarnya membicarakan hal itu, jangan ragu untuk mengatakan padanya ketika apa yang dikatakannya terlalu detail buatmu.

Teman-temanmu mungkin tak akan setuju

Ini memang bukan hubungan mereka, namun ketika kamu memutuskan untuk tetap berteman dengan mantan pacar, maka teman-temanmu mungkin akan meragukan bahwa keputusan itu terbaik buatmu. Mereka mungkin tidak akan suka. Bahkan seandainya kamu percaya diri dengan pilihanmu, pahami bahwa ini akan jadi hal yang aneh buat mereka. Berikan mereka waktu untuk menyesuaikan diri dan berharaplah bahwa mereka akhirnya akan menerima. Jangan lupa juga bahwa ketika kalian ada acara bersama teman-teman mutual, teman-teman kalian mungkin akan merasa aneh dan bertingkah kikuk.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal Ini Wajib Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Punya Anak 

Tahukah kamu, ada pepatah mengatakan “Tidak pernah ada