Sekarang ini seluruh umat islam yang ada di dunia sedang melakukan ibadah puasa. Puasa adalah tidak makan dan minum dari subuh sampai maghrib. Karena sudah niat untuk ibadah, semua muslim kuat untuk menaha lapar dan haus lebih dari sepuluh jam. Tetapi walaupun begitu, kadang rasa lapar dan haus juga kita rasakan. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rasa lapar dan haus saat puasa. karena hal ini bukan berarti kamu tidak niat untuk menjalankan puasa, bisa saja ada yang salah dengan asupan yang kamu makan saat sahur dan berbuka. Untuk mengetahuinya, inilah beberapa tips untuk mengatasi rasa lapar dan haus saat sedang puasa, antara lain ;

  1. Memeriksa Kandungan Gizi Dalam Makananmu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lapar saat puasa adalah dengan memeriksa kandungan gizi dalam makananmu. Agar kamu tidak terlalu merasa lapar dan haus saat sedang berpuasa, kamu harus menjaga asupan makanan kamu saat sahur dan juga berbuka. Antara karbohidrat dan protein yang kamu konsumsi harus seimbang. Selain agar tidak lapar, kamu juga akan memiliki energi untuk menjalankan aktivitas.

  1. Memperhatikan Asupan Cairan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lapar saat puasa adalah dengan memperhatikan asupan cairan dalam tubuh. Karena lebih dari sepuuh jam kamu tidak minum air, kamu harus memenuhi asupan cairan saat sahur dan juga berbuka. Rasa haus biasanya muncul karena kadar cairan dalam tubuh semakin berkurang. Jadi kamu harus memperbanyak minum air putih saat sahur, berbuka, dan juga sebelum tidur.

  1. Mengonsumsi Sayur dan Buah yang Banyak

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lapar saat puasa adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah yang banyak. Karena buah dan sayur mengandung serat yang tinggi, sehingga akan membuat kamu tidak merasa lapar dan haus yang berlebihan. Jadi saat sedang berpuasa, kamu harus mengonsumsi buah dan sayur yang banyak. Hal ini juga akan membuat cairan tubuh terpenuhi dengan baik.

  1. Mengonsumsi Multivitamin

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lapar saat puasa adalah dengan mengonsumsi multivitamin. Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin untuk membuat tubuh kamu lebih bertenaga. Dengan mengonsumsi multivitamin akan membuat kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Tapi kamu harus menyesuaikan vitamin dengan yang kamu butuhkan.

  1. Mengonsumsi Kurma

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lapar saat puasa adalah dengan mengonsumsi kurma saat sedang berbuka. Selain sunah, makan kurma juga akan membuat tubuh kamu lebih bugar dan segar dan tidak akan membuat kamu mudah lapar dan haus.

Baca juga Makanan Wajib yang Harus Kamu Konsumsi Saat Sahur

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita