Telur, Makanan rakyat dengan harga murah tetapi lezat. Menu yang satu ini kerap dianggap menu lauk yang sederhana dan biasa, tapi kamu pasti tahu jika telur adalah salah satu bahan dengan tingkat protein yang sangat tinggi dan bagus. Nutrisi yang ada di dalam telur juga cukup lengkap mulai dari vitamin A, B12, D hingga kolin.

Kolin sendiri merupakan nutrisi esensial yang amat penting dalam kemampuan mood, memori hingga kontrol otot. Bagi Ibu hamil, kolin memiliki peran yang sangat penting untuk bisa mencegah cacat saat lahir dan perkembangan otak pada anak.

Dengan semua kandungan hebat yang dimilikinya, maka kamu pun harus tahu cara memasak telur dengan benar sehingga semua kandungannya tetap utuh saat kamu memakannya. Berikut ini beberapa kesalahan yang kerap dilakukan dalam aktivitas memasak telur.

1. Memasak terlalu lama

Banyak yang berpendapat jika merebus telur dengan waktu lama akan menjadikan proses pengupasan menjadi mudah. Padahal, jika telurnya terlalu matang maka akan bisa menjadikan bau tak sedap. Untuk waktu merebus telur  maksimal 15 menit. Untuk menghentikan proses pematangan yang terus menerus, maka ada baiknya memasukkan telur itu ke dalam lemari es demi memudahkan pengupasan juga. Telur yang digoreng dalam waktu terlalu lama juga kurang bagus karena teksturnya akan menjadi kering, kecuali memang kamu suka yang garing-garing.

2. Merebus di air biasa

Memasak telur adalah aktivitas yang sangat sepele. Meski demikian jika kamu salah melakukannya maka hasilnya tentu tidak sesuai dengan keinginan. Ternyata, untuk merebus telur yang benar bukan direbus di air yang biasa namun kamu bisa menambah jus lemon atau cuka di air rebusannya. Selain akan menjadikan tambahan rasa ke telur, ternyata ini pun dilakukan agar putih dan kuning telur tidak tercampur. Dengan demikian hasil rebusannya akan lebih cepat matang dan bentuknya bagus.

3. Tidak memakai wajan anti lengket

Memasak telur memang sederhana sekali. Tentu menggoreng telur adalah hal yang mungkin sudah pernah dilakukan semua orang. Jika kamu suka dengan menu telur goreng atau orak-arik, maka usahakan untuk menggunakan wajan anti lengket. Hal ini lantaran wajan besi akan bisa menjadikan telur menjadi menempel di wajan serta tinggalkan sepertiga cairan di dasar wajan. Dengan wajan anti lengket, maka telur yang rusak dan gosong bisa diminimalisir.

4. Suhu saat memasak tinggi

Menggoreng telur ada baiknya tidak memakai api yang besar lantaran hal ini bisa menyebabkan telur menjadi cepat gosong dan menjadikan teksturnya mengering. Untuk itu, proses menggoreng telur yang benar adalah dengan memanaskan wajan lebih dulu di api sedang lalu goreng telur dengan api kecil saja. Pemakaian api sedang ini akan  membuat kamu lebih mudah menentukan kematangan telur sesuai selera kamu.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat memasak telur. Dengan mengetahui informasi tersebut, kini kamu sudah bisa goreng telur dengan benar bukan?

Baca Juga Makan 2 Butir Telur Sehari: Baik atau Buruk?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Anak Sulung Layak Dihormati

Tidak diragukan lagi, anak sulung adalah anak istimewa