Jika kamu menganggap dirimu sendiri cukup tahu tentang kesehatan, kamu mungkin tahu aturan-aturan dasar untuk menjaga agar resiko terserang diabetes tipe dua-mu seminimal mungkin. Makan yang sehat, selalu aktif, dan jaga berat badan yang seimbang. Namun, ternyata, bukan hanya hal-hal ini yang bisa dan harus kamu perhatikan.

Percaya atau tidak, bisa jadi ada berbagai faktor lain yang bisa meningkatkan resikomu terserang diabetes tipe dua. Dan beberapa dari faktor-faktor tersebut ternyata agak mengejutkan. Ini beberapa yang harus kamu perhatikan.

Alasan-alasan mengejutkan yang bisa meningkatkan resiko terserang diabetes

Makan bebas gluten padahal tidak perlu

Ikut-ikutan tren diet bebas gluten padahal kamu tidak alergi? Sebaiknya jangan jika kamu tidak mau terserang diabetes tipe dua. Jangan sampai kamu menanggalkan gandum dan yang lainnya kecuali memang perlu secara medis karena orang-orang yang mengkonsumsi gluten ternyata 13 persen berkemungkinan lebih rendah terserang diabetes dibandingkan mereka yang jauh-jauh dari sumber makanan tersebut. Ini bisa jadi dikarenakan orang-orang yang menjauhi gluten juga cenderung makan lebih sedikit whole grain yang kaya dengan serat, yang padahal begitu penting dalam mengurangi resiko diabetes. Diet yang tinggi dengan serat terkait dengan insulin yang meningkat inilah yang bisa berujung pada sensitivitas insulin, inflamasi yang berkurang, dan tekanan darah serta kolesterol rendah.

Menghabiskan waktu sendirian

Rasanya memang bisa menyenangkan bergelung di sofa, nonton serial, dan tidak bicara dengan siapa pun seesekali. Namun, jangan melakukan ini sepanjang waktu. Riset menunjukkan bahwa isolasi sosial bisa menyebabkan resiko terserang diabetes tipe 2. Bahkan, wanita berusia 40 hingga 75 yang sama sekali tidak berpartisipasi pada aktivitas-aktivitas sosial  punya resiko 112% lipat lebih besar utnuk menderita diabetes dibandingkan dengan mereka yang memiliki jaringan sosial kuat.

Para ilmuwan masih belum benar-benar memahami apa kaitannya, namun diketahui bahwa mereka yang mengisolasi diri mereka sendiri dari keluarga dan teman juga cenderung lebih sering terkena depresi, yang juga merupakan fator yang besar untuk terserang diabetes.

Memangkas kopi

Ada banyak alasan mengapa kamu merasa bahagia menikmati kopi pagimu. Salah satunya adalah, ternyata kopi juga bisa mengurangi resiko diabetesmu. Orang-orang yang memangkas konsumsi kopi mereka lebih dari satu cangkir tiap hari selama empat tahun ternyata 17 persen lebih mungkin terserang diabetes dibandingkan mereka yang tidak membuat perubahan apa pun. Bahkan, jika kamu menambahkan secangkir ekstra, maka ini lebih baik lagi. Resiko diabetesmu bisa turun 11 persen.

Para ahli juga tidak benar-benar paham dampak apa yang diberikan oleh kopi pada gula darah, namun minum kopi nampaknya bisa mempromosikan gula darah yang lebih tinggi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun