Kamu sedang merencanakan liburan akhir tahun? Kota mana yang menjadi tujuan liburan akhir tahunmu? Apakah kamu akan berlibur ke luar negeri? Atau kamu akan berlibur ke rumah saudara di kota lain? Ke mana pun kamu ingin berlibur, pastikan liburan dan traveling-mu teta ramah lingkungan, ya! Telusuri seluruh penjuru bumi tanpa menyakiti bumi. Berikut adalah tips untuk menjaga agar traveling-mu tetap ramah lingkungan :

  • Gunakan tas yang ramah lingkungan

Persiapkan berbagai tas yang kana memungkinkan kamu mengurangi sampah plastik. Jangan lupa gunakanlah tas yang ramah lingkungan. Kurangi menggunakan tas dari berbagai kulit hewan, terlebih kulit hewan yang dilindungi. Saatnya menyelamatkan bumi, mulai dari diri sendiri.

  • Zero waste

Kita semua memiliki cangkir kopi, botol air, dan sedotan logam di rumah, jadi mengapa kita melupakannya saat liburan? Kamu bisa menyiapkan cangkir portable, tumbler, sedotan logam atau sedotan bambu saat packing. Usahakan untuk tidak menambah sampah. Dengan membawa tempat minum dan sedotan sendiri, kamu tidak perlu cangkir kertas, botol plastik atau sedotan plastik saat membeli minuman di jalan. Tentu hal ini berlaku juga untuk kotak makanan ya! Kamu juga bisa membawanya, jadi ketika kamu membeli sesuatu untuk dibawa-bawa (take away), kamu punya kotak makna sendiri yang bebas sampah!

  • Dukung pedagang lokal

Belilah makanan dan minuman kamu dari para pedagang dan toko-toko lokal. Begitu pula jika kamu ingin membeli oleh-oleh. Cari pengrajin aslidari penduduk lokal.  Dengan demikian, kamu bisa bertemu seseorang yang baru, mengembangkan keterampilan bahasa, juga menemukan berbagai informasi yang menarik karena kamu bertemu dengan penduduk lokal.

  • Gunakan transportasi umum

Ketika kamu sudah tiba di kota tujuan, cara terbaik untuk eksplor kota adalah dengan naik  transportasi umum atau dengan tur jalan kaki. Transportasi umum bisa menjadi pengalaman wisata yang sangat mengesankan, karena kamu akan merasa lebih dekat dan lebih mengenak kota tujuan wisatamu itu. Jadi gunakan transportasi umum dan usahakan untuk jalan kaki. Inilah kesempatanmu untuk bertemu orang baru dan menjumpai budaya baru.

  • Perlakukan kamar hotel seperti rumah

Tinggal di hotel mewah memang selalu menyenangkan, tetapi hanya karena pegawai hotel bersedia mengganti handuk kamu setiap hari, bukan berarti mereka harus melakukannya, kan? Cintailah lingkungan dan perlakukan hotel tempatmu tinggal selama liburan seperti rumahmun sendiri, seperti matikan lampu dan colokan yang tidak perlu, matikan kran air setelah digunakan, coba untuk menghemat air saat mandi, minta pegawai hotel untuk tidak mengganti handukmu setiap hari, dan masih banyak hal yang bisa kamu lakukan.

Lima tips di atas akan membantu kamu untuk menjadi traveller yang  ramah lingkungan. Berlibur untuk menikmati keindahan planet tentu harus dimulai dari mencintai planet. Usahakan untuk selalu menjaga agar liburan kamu tetap sehat dan tidak menyakiti bumi. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan, hal-hal kecil sekalipun, untuk tetap memperhatikan kesehatan lingkungan. Selamat merencanakan liburan, ya!

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/kamu-bisa-membantu-lingkungan-tanpa-perlu-meninggalkan-meja-kerjamu-loh/

http://www.tampilcantik.com/8-merek-make-up-vegan-yang-perlu-kamu-ketahui/

http://www.tampilcantik.com/meals-food-centric-label-dari-l-a-yang-akan-membuat-kamu-ngiler/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Mengontrol Pengeluaran Uang Untuk Menambah Tabungan

Kamu tentu sudah mendengar dan mengetahui tentang cara