Memiliki gigi yang kuat, sehat dan bersih akan sangat meningkatkan percaya diri. Selain membuat penampilan lebih menarik, kita juga bisa terhindar dari sakit yang menyebalkan. Sayangnya masih banyak kesalahan-kesalahan kecil yang tanpa kita sadari membuat gigi cepat rusak. Tidak cuma cukup dengan membersihkannya saja, ini yang harus kamu hindari jika ingin gigimu putih bersinar dan sehat hingga usia senja.

1. Menyimpan Sikat Gigi Basah di Tempat Tertutup

Seperti yang sering dikatakan, bakteri dan jamur berkembang biak dengan cepat di tempat lembab. Selama kamu tidak mengeringkan sikat gigi dengan baik, kamu telah menyediakan sarana tumbuh bagi bakteri saat kamu menyimpan sikat gigimu. Inilah yang membuat gigi cepat rusak dan berlubang. Terutama jika kamu sering membawanya kemana-mana dalam travel case. Keringkan bulu-bulu sikat menggunakan tissue dengan seksama sebelum kamu menyimpannya.

2. Menyikat sehabis mengkonsumi asam

Reaksi asam dapat melemahkan enamel gigi. Langsung menggosok gigi setelah mengkonsumsi minuman yang mengandung asam seperti jus jeruk, air infuse lemon dan lain-lain sangat tidak disarankan. Karena enamel gigi sedang lemah, maka pastagigi malah akan menambah erosi yang terjadi. Jika memang kamu penggemar jus jeruk segar saat sarapan, lebih baik membilasnya dulu dengan air atau susu sebelum menggosoknya. Bisa juga dengan memberi jeda sekitar 30 menit. Demikian pula setelah muntah, asam lambung yang iku naik ke dalam mulut akan membawa unsur asam.

3. Sering menggunakan tusuk gigi

Tusuk gigi sangatlah praktis untuk menyingkirkan makanan yang tersangkut di tempat umum. Namun sebenarnya alat ini bukan pengganti dental floss yang baik. Bahan kayu bisa patah dan melukai gusi yang sensitif, selain itu kebanyakan tusuk gigi yang disediakan di tempat umum juga kurang higienis. Sebisa mungkin berkumur saja atau menggosoknya dan menggunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut untuk mencegah gigi cepat rusak.

4. Tidak pernah periksa ke dokter

Kunjungan ke dokter gigi, idealnya bukan hanya dilakukan jika gigi sudah bermasalah. Sekurang-kurangnya kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin dan pembersihan secara profesional. Ingat gigi bukanlah organ yang bisa tumbuh lagi setelah berlubang. Lebih baik mencegah daripada harus menunggunya sampai rusak dan harus dicabut. Lagipula, kunjungan ke dokter gigi tidak akan memakan waktu lama dan cukup terjangkau bila hanya untuk pembersihan rutin.

5. Tidak minum air putih sehabis makan

Beberapa merk air mineral mengandung fluoride yang bisa menguatkan gigi. Tetapi, sebenarnya sering meneguk beberapa gelas air putih juga banyak manfaatnya bagi gigi. Air dapat membilas sisa gula yang terbawa dalam makanan seperti buah, permen, keripik yang sering tanpa sadar kita konsumsi sebagai cemilan. Balau hanya dalam jumlah sedikit, zat gula yang tertinggal bisa membuat gigi cepat rusak. Karena itu sebaiknya selalu meminum segelas air setelah mengkonsumsi apapun.

Baca juga Jangan Sampai Hal Ini Terjadi Pada Kamu Yang Masih Suka Menggigiti Kuku. Yakin Masih Ga Mau Berhenti?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik