Buah bit sebenarnya adalah sayuran akar-akaran yang sangat populer. Akhir-akhir ini, semakin banyak platform hidup sehat yang mempromosikan konsumsi sayur bit sehari-hari. Pasalnya, bit adalah sayuran yang rasanya nikmat dengan banyak sekali manfaat. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?

Banyak nutrisi dengan kalori yang rendah

Buah bit memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Sayuran ini memiliki kadar kalori yang rendah namun dengan vitamin dan mineral yang berharga. Bahkan, bit mengandung hampir seluruh vitamin dan mineral yang kamu butuhkan. 100 gram bit yang telah dimasak mengandung 44 kalori, dengan kandungan protein, serat, lemak, vitamin C, folat, vitamin B6, magnesium, potasiu, fosfor, mangan, dan zat besi. Selain itu, bit juga mengandung nitrat dan pigmen inorganik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Membantu menjaga tekanan darah

Penyakit jantung, termasuk serangan jantung, stroke dan gagal jantung adalah salah satu penyebab terbesar kematian di dunia ini. Tekanan darah tinggi adalah faktor resiko utama yang memicu perkembangan penyakit ini. Berdasarkan studi, bit mampu secara signifikan menurunkan tekanan darah hingga 4-10 mmHg dalam periode beberapa jam saja. Efek ini akan lebih besar bagi tekanan darah sistolik atau tekanan darah saat jantung berkontraksi. Dampak positif buah bit ini kemungkinan karena konsentrasi tinggi nitrat yang dikandungnya. Tingkat nitrat pada darah terus meningkat selama enam jam setelah mengkonsumsi nitrat pangan. Karena itu, efek bit hanya sementara sehingga harus dikonsumsi rutin jika ingin tekanan darah teratur.

Bisa meningkatkan performa atletik

Nitrat pangan juga disinyalir bisa meningkatkan performa atletis. Karena itulah, buah bit banyak dikonsumsi oleh para atlet. Nitrat nampaknya bisa mempengaruhi performa fisik dengan meningkatkan efisiensi mitokondria, yang bertanggungjawab terjadap produksi energi di dalam sel. Mengkonsumsi bit bisa memperpajang ketahanan dalam latihan intensitas tinggi hingga 15-25%. Selain itu, bit juga bisa meningkatkan penggunaaan oksigen hingga 20 %.

Kalau kamu ingin menggunakan bit sebagai peningkat performa latihan atau kompetisi, penting diingat bahwa level nitrat darah memuncuk dalam 2-3 jam setelah konsumsi bit.

Bit bisa melawan inflamasi

Inflamasi kronik sering dikaitkna dengan berbagai penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, hati dan kanker. Bit mengandung pigmen yang dinamai betalain, yang berpotensi mengandung berbagai properti anti-inflamasi

Bisa meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat makanan adalah komponen penting untuk diet sehat. Serat pangan menyebabkan pencernaan kita membaik. Secangkir saya jus buah bit mengandung 3,4 serat, membuat sayuran ini sumber serat yang baik. Serat bisa melancarkan proses pencernaan dengan menuju usus halus dimana nutrisi ini menjadi makan bakteri baik dan mengisi volume kotoran. Ini bisa membuat kita terhindar dari konstipasi dan peradangan saat buang air besar.

Baca juga Apa Ada Buah Yang Beracun? Cari Tahu Sekarang! Jangan-jangan Yang Selama Ini Kamu Makan Beracun…

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Pentingnya Memeluk Anak Secara Teratur

Sudahkah kamu memeluk anak kamu hari ini? Tentu