tidur

 

Rasa kantuk sering muncul disela-sela waktu saat bekerja disiang hari, udara yang membuat suasana kantuk atau tubuh yang sudah kelelahan mungkin bisa jadi penyebabnya, namun jika rasa kantuk terlalu sering dirasakan ini sudah tidak wajar, penyebab terbesarnya adalah masalah kurangnya waktu tidur atau gangguan saat tidur sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.

 

Kebanyakan orang mengonsumsi minuman berkafein atau stimulan untuk membantu menghilangkan rasa kantuk dan membuatnya tetap terjaga, namun kebiasaan ini justru akan memperparah keadaan karena dapat menyebabkan insomnia atau penyakit tidak bisa tidur padahal tubuh sebenarnya membutuhkan waktu istirahat atau tidur.

 

Tubuh membutuhkan waktu istirahat setidaknya delapan jam sehari, jika tubuh tidak memdapatkan waktu yang cukup untuk tertidur maka dapat mengakibatkan terjadinya penyakit serius seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes, penambahan berat badan ataupun dementia.

 

Berikut ini beberapa tanda yang dapat menunjukan kurangnya waktu istirahat kamu menurut ahli dikutips dari vemale.

 

  1. Sering menghabiskan waktu lebih dari 30 menit untuk bisa jatuh tertidur.
  2. Sering terbangun beberapa kali dan sulit untuk kembali tertidur.
  3. Seringnya merasakan kantuk di siang hari, butuh untuk tidur siang dan sering jatuh tertidur di waktu dan tempat yang salah.
  4. Suara mendengkur yang keras, napas yang tersedak, mengorok, atau berhenti bernapas selama beberapa saat ketika sedang tidur.
  5. Adanya rasa seperti dirambati, geli dan dijalari pada tangan dan kaki, terutama ketika sedang tidur.
  6. Bangun tidur  merasa sakit kepala.

 

Jika beberapa tanda ini sedang kamu rasakan segeralah melakukan konsultasi atau perawatan kepada dokter agar tidak terjadi hal yang serius dan tubuhmu mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Sampai 10 Menit, Rangkaian Olahraga Ini Akan Melatih Kaki dan Pantat Kamu

Olahraga sejatinya adalah kebutuhan setiap orang. Namun terkadang,