Rambut yang menipis sebenarnya disebabkan karena banyak sekali alasan. Mulai dari keturunan, usia, makanan yang dikonsumsi, hingga karena melakukan treatment kesehatan tertentu. Yang mana masing-masing hal tersebut memberikan hasil rambut yang menipis. Namun tenang saja karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan, untuk mengatasi masalah penipisan pada rambut ini.

Beberapa cara di bawah ini, dipercaya bisa mengatasi rambut yang menipis. Entah itu karena usia, atau bahkan karena kondisi rambut itu sendiri. Langkah demi langkah di bawah ini efektif untuk memperbaiki keadaan rambut sekaligus menghentikan proses penipisan yang terjadi pada rambut.

1. Keramas dengan waktu dan cara yang tepat

Rambut yang Menipis

Pertama, rambut yang menipis bisa dikarenakan produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala. Dan bisa juga karena kerontokan. Bila penyebabnya karena dua hal tersebut, maka keramas dengan cara dan waktu yang tepat sangat dianjurkan.

Anda mungkin sudah mendengar mengenai bagaimana seharusnya tidak mencuci rambut terlalu sering. Tak salah memang. Namun di sisi lain, rambut yang mengalami penipisan justru perlu lebih sering dicuci. Selain itu, cara mencuci rambut ini pun harus dipastikan memberi perhatian pada kulit kepala. Termasuk memberi pijatan pada kulit kepala.

2. Jangan menggunakan terlalu banyak produk

Ketika mengalami penipisan rambut, tak perlu menggunakan terlalu banyak produk. Gunakan produk yang tepat dan memang dibutuhkan oleh rambut dan kulit kepala saja. Bukannya semua. Karena keadaan rambut yang rapuh akan semakin menjadi rapuh lagi dengan diberikan banyak produk ini.

Jadi misalnya, gunakan shampoo dan kondisioner. Bila memang tak dibutuhkan, tak perlu menggunakan serum dan hanya gunakan toner pada kulit kepala saja. Sedangkan pastikan untuk hanya memberikan vitamin pada ujung rambut. Dalam keadaan rambut yang tipis, kamu bisa sepenuhnya meninggalkan leave in conditioner juga.

3. Hentikan menggunakan pemanas pada rambut

Hal lain lagi untuk mencegah memberikan beban berat lagi pada rambut : hentikan sepenuhnya menggunakan hair dryer, atau pun produk styling lain yang membutuhkan panas. Untuk mengeringkan rambut, misalnya, gunakan handuk dan biarkan rambut kering secara alami. Dan kamu juga bisa membiarkan rambut dalam keadaan alaminya. Tanpa perlu diluruskan atau dikeriting.

Bila memang terpaksa melakukan styling pada rambut, gunakan perlindungan lebih dulu pada rambut. Entah itu berupa serum atau leave ini conditioner sebelum benar-benar mengeriting atau meluruskan rambut.

4. Makan-makanan bergizi

Tak hanya proses di atas, menjaga apa yang kamu makan juga rupanya sangat berpengaruh dalam menjaga keadaan dan kondisi rambut. Untuk rambut yang mengalami penipisan, pastikan kamu banyak mengonsumsi daging merah serta sayuran hijau yang kaya akan beta karotin. Selain itu juga kurangi konsumsi sodium yang biasanya terdapat dalam makanan olahan dan cepat saji.

Baca juga Pengen Banget Menata Rambut Agar Terlihat Manis dan Fresh, Tapi Takut Bikin Rambut Rontok…. Gimana Yah?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bau Badan dan Bau Mulut

Tidak ada orang di planet ini yang memiliki