Banyak sekali penyebab kulit seseorang menjadi kering, mulai dari faktor gaya hidup hingga penggunaan produk kecantikan yang mempengaruhi kondisi kulit. Salah satu area yang bisa jadi sangat rentan adalah bibir, karena ia memiliki lapisan yang lebih tipis dibandingkan organ tubuh lainnya. Bibir juga rentan mengalami masalah karena bibir seharian berbicara, mungkin saja Anda memiliki kebiasaan menjilat bibir, hingga pengaruh makanan yang Anda konsumsi.

Mengejutkan sebenarnya, ternyata makanan dan minuman tertentu bisa menyebabkan bibir mengering. Terlebih, makanan ini adalah makanan yang umum kita konsumsi sehari-hari dan mudah ditemui. Apa saja?

1. Makanan Pedas Dan Panas

Cobalah Anda menanyakan kepada penderita rosacea dan pemilik kulit yang sedang mengalami inflamasi, maka sudah dapat dipastikan jika makanan pedas dan panas dapat menyebabkan kulit bibir pecah-pecah dan kekeringan. Terlebih bibir bersentuhan langsung dengan makanan ini. 

Makanan pedas yang mengandung capcaisin juga dapat menyebabkan masalah iritasi kulit bibir dan dikaitkan dengan peradangan dan gangguan kulit. Terlebih saat mengkonsumsi makanan panas dan pedas, biasanya Anda tak sadar akan menjilat area bibir. Akibatnya, kulit bibir semakin dehidrasi.

2. Kopi

Kopi memang nikmat, terlebih jika disajikan dalam keadaan panas. Kopi pun juga dapat disajikan dengan campuran bahan lainnya. Banyak cara untuk menikmati kopi ini. Sayangnya, kopi panas justru beresiko membuat area bibir kering. “Lihatlah area bibir Anda. Jika mulai kering, itu tandanya Anda terlalu banyak mengkonsumsi kopi dari yang seharusnya”, ungkap ahli gastroenterologi Will Bulsiewicz, M.D., MSCI,

Sama seperti area kulit lainnya yang rentan jika terkena air panas, area bibir pun juga rentan kering saat Anda mengkonsumsi kopi panas. Selain itu, kopi memiliki sifat diuretic yang menyebabkan dehidrasi saat dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Jadi siapa nih yang ngaku pecinta kopi? Mulai saat ini perhatikan banyaknya kopi yang dikonsumsi ya.

3. Kekurangan B12

Terkadang bukan hanya tentang apa yang Anda makan saja, namun juga mengenai makanan apa yang tidak Anda makan? Makanan yang memiliki kandungan vitamin B telah terbukti memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan kulit serta mempercepat penyembuhan luka. “Saat Anda kekurangan vitamin B12, maka bibir otomatis akan mengalami kekeringan hingga pecah-pecah yang sangat sulit untuk disembuhkan”, kata Michelle Henry, M.D., pendiri Skin & Aesthetics Surgery of Manhattan. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin seperti daging sapi, hati, ikan, telur, hingga yoghurt.

Beberapa makanan di atas mungkin menjadi makanan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Kopi dan makanan pedas terutama, rasanya kurang lengkap jika tak ada keduanya. Sebenarnya tak masalah jika Anda tetap mengkonsumsinya selama tidak berlebihan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan lip balm pada bibir Anda sebagai perawatan.

Pilih produk lip balm favorit Anda. Saat ini banyak lipbalm yang memiliki aroma dan rasa yang sesuai selera Anda. Biasanya lipbalm memiliki aroma dan rasa buah-buahan yang sangat menggoda dan patut untuk dicoba.

Baca Juga :

Minyak Alami yang Bisa Kamu Gunakan untuk Mengatasi Bibir Kering Pada Musim Dingin

Say Good Bye To Bibir Kering dan Hitam! Ini Cara Jitu Untuk Mengatasinya

Hati-hati, Jangan Jilati Bibir Kering dan Bibir Pecah-pecah Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cara Cepat Melunasi Hutang , 12 Tips Praktis Dari Ahli Keuangan – Bag 2

Tidak dipungkiri jika di era sekarang ini kebutuhan