Dalam hidup ini memang tidak selamanya kita akan memiliki pasangan. Ada saatnya dimana kita harus melajang karena sesuatu hal. Lajang bukanlah sesuatu hal yang memalukan, tetapi bnayak orang yang stress memikirkan hal ini. Apalagi seorang pria, mereka tidak bisa hidup terlalu lama melajang tanpa seorang pasangan. Biasanya mereka tidak merasa bahagia saat sedang hidup lajang. Lalu apakah wanita juga mengalami hal seperti itu?

Mengapa pria harus bersenang-senang? Ya, wanita lajang lebih bahagia dan lebih menyenangkan daripada pria. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mintel, sebuah firma riset pasar yang berbasis di London, wanita lebih bahagia menjadi single dibandingkan pria. Disebut ‘Single Lifestyles 2017 Report’, studi ekstensif melihat dua area – mengikis kenegatifan sekitar menjadi lajang dan tantangan finansial untuk menjadi lajang. Inilah yang peneliti temukan:

Tidak mengherankan jika orang mengasosiasikan dirinya menjadi lajang (terutama wanita) dengan depresi dan kesepian. Bertentangan dengan apa yang orang percaya, survei ini memiliki beberapa temuan yang benar-benar mengejutkan – 61 persen wanita mengaku bahwa mereka bahagia menjadi lajang, sedangkan hanya 49 persen pria yang menerima hal yang sama. Dan jika kamu masih belum yakin, berikut statistiknya lebih banyak. Sementara hanya 65 persen peserta pria mengatakan bahwa mereka tidak mencari seseorang sampai saat ini, dan perbedaannya dengan wanita sekitar 10 persen! Sekitar 75 persen wanita senang menjadi lajang.

Itu berarti, tiga dari empat wanita rela tidak ingin melepaskan status lajang mereka dan mempersulit hidup mereka dengan menjalin hubungan. Karena mereka berpikir dengan mereka hidup lajang dan tanpa pasangan maka mereka akan hidup lebih bahagia daripada saat memiliki pasangan.

Tidak hanya itu saja, penelitian juga menemukan temuan menarik lainnya. Yaitu hanya sekitar 38 persen peserta yang khawatir dengan kesepian, 54 peserta dalam kelompok usia 18 – 24 tahun juga takut akan hal yang sama.

Statistic memang masuk akal. Seiring dengan bertambahnya usia kita, maka kita akan cenderung memahami diri kita dengan lebih baik dan menjadi lebih percaya diri dengan seiring berjalannya waktu. Orang cenderung merasa terganggu oleh norma sosial seiring bertambahnya usia, dan lebih memilih untuk menjalani kehidupan sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa lajang lebih cenderung resah terhadap keuangan mereka, tapi sungguh menakjubkan melihat mereka bahagia dengan pilihan mereka. Plus, selalu lebih baik menjadi lajang daripada terjebak dalam hubungan yang salah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Aneh tapi Nyata, Inilah yang Terjadi Saat Orang Sedang Jatuh Cinta

Jatuh cinta berjuta rasanya. Ya! Lirik lagu dari