Kalau kamu tak pernah memiliki depresi klinis, maka kamu tak akan mengerti betapa besar ini bisa berpengaruh kepada hidup seseorang. Dan artinya, jika kamu memiliki pacar depresi, kamu bisa mengalami tantangan besar. Kamu tak akan bisa memahami apa yang dirasakannya dan akibatnya, kamu bisa kehilangan kesabaran dengan cepat. Tentu saja, bukan hal yang menyenangkan untuk menjadi seseorang yang memiliki depresi. Ini adalah sebuah tantanggan dalam hubungan. Namun, bukan berarti hubungan ini mustahil. Ini berat bagimu, tapi buatnya pasti jauh lebih berat lagi. Berusaha untuk mengendalikan depresinya tanpa menghancurkan hubungan dan menjadi dimengerti.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu pacar depresi dann menjadikan hubunganmu tetap lancar?

Bicara padanya

Kamu tidak bisa mengabaikan depresi. Biarpunn ini mungkin tidak memepngaruhi perasaanmu kepadanya, ini masiih merupakan hal yang sangat besar dari hidupnya. Ini adalah sesuatu yang dijalaninya setiap hari. Karena itu, kamu butuh duduk dan membicarakan tentang ini. Tanyakan bagaimana ini mempengaruhinya dan pemicu apa saja yang bisa membuat ini semakin buruk. Mengetahui informasi dasar seperti seberapa lama ia telah memiliki ini dan bagaimana ini diobati adalah hal standar dan ini bisa membantumu memahami apa yang dijalaninya.

Jangan bilang kamu memahami apa yang dirasakannya

Kecuali kamu memang juga pernah mengalami depresi klinis dan bukan hanya kesedihan sesaat saja, maka kamu mungkin tidak akan paham apa yang dirasakannya. Yang tidak dipahami oleh banyak orang adalah bahwa orang-orang yang depresi tidak ingin mendengar bahwa kamu mengerti atau memahami mereka padahal kamu tidak.

Kamu mungkin mengira bahwa dengan memberikan pemahaman pada pacar depresi bahwa kamu paham perasaannya, kamu membuatnya merasa lebih baik. Padahal, paarmu yang depresi tahu apakah kamu benar-benar mengerti atau tidak, dan ia akan merasa dibohongi jika kamu sebenarnya tidak paham. Orang-orang yang depresi harus bergulat dengan perasaan dimengerti. Karena, selama ini mereka pasti sering dianggap aneh. Jika kamu berpura-pura bahwa kamu mengerti, ini akan membuat masalah jadi jauh lebih besar.

Tanyakan apa yang diperlukannya darimu

Kamu tak akan pernah tahu apa yang harus kamu ucapkan kalau kamu tidak mendengarnya langsung dari dia. Namun sayangnya, orang yang depresi seringkali tidak akan bicara tentang bagaimana yang mereka rasakan dan cara untuk memperlakukan mereka dengan tepat. Karena itu, terserah pada kamu untuk menanyakannya.

Tanyakan saja apakah ada yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya merasa lebih nyaman dan segalanya lebih mudah dan bisa membantunya. Ia akan merasa senang karena kamu ingin tahu dan ia akan lebih mungkin memberitahumu jika kamu yang memulai diskusi ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal Ini Wajib Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Punya Anak 

Tahukah kamu, ada pepatah mengatakan “Tidak pernah ada