Salah satu tips kecantikan yang diterima banyak orang adalah kamu perlu memotong rambut tiap enam hingga delapan minggu untuk mempertahankan kesehatannya. Tapi apakah tips ini bisa diterapkan pada setiap wanita, padahal ada perbedaan tekstur dan panjang rambut? Tentu saja tidak.

Sebelum membahas waktu yang tepat untuk memotong rambut, kita perlu mengerti dulu kenapa kita harus memotong rambut secara rutin.

Rambut pada umumnya tumbuh satu sentimeter per bulan, saat rambut sudah panjang, rambut yang tumbuh setahun lalu sudah terekspos dengan banyak penyebab kerusakan rambut. Kerusakan biasanya dibagi menjadi tiga.

  • Kerusakan mekanis akibat menyisir, menyikat, mencuci, mencatok, dan mengeringkan rambut.
  • Kerusakan lingkungan akibat matahari, angin, air laut, dan klorin di kolam renang.
  • Kerusakan kimia akibat mewarnai rambut, meluruskan, dan mengeriting rambut.

Faktor-faktor kerusakan ini membuat rambut menjadi rapuh dan kusut. Sehingga, memotong rambut secara rutin dapat menghilangkan rambut rusak dan secara umum membuat rambut terlihat dan terasa lebih baik serta lebih mudah diatur.

Sekarang, kita bisa menginformasikan waktu potong rambut yang tepat berdasarkan tipe rambut

  • Poni: Poni yang tebal dan melebihi alis mata perlu dipotong tiap dua minggu untuk mempertahankan bentuknya. Sementara, poni samping yang tipis dapat dipotong tiap tiga minggu sekali.
  • Rambut pendek: Jika kamu merasa rambut pendek lebih low-maintenance, sebenarnya salah. Karena kamu perlu memotong lebih rutin untuk mempertahankan bentuknya. Sehingga, kamu tidak bisa membiarkannya tanpa pergi ke hair dresser tiap empat minggu sekali.
  • Bobs: Karena gaya rambut ini rapi dan memiliki garis yang kuat, sehingga cenderung tetap pada bentuknya. Kamu perlu memotong tiap enam minggu sekali.
  • Rambut sedang hingga panjang: Kalau kamu merawat rambut sedang hingga panjang dengan baik, kamu bisa menunda pergi ke hair dresser dalam waktu 12 minggu sekali. Jika tidak, disarankan dalam delapan minggu sekali kamu berkunjung ke hair dresser.
  • Layers: Aturan umum bahwa semakin gaya rambut kamu, semakin perlu diurus. Sehingga, gaya rambut ini perlu ke hair dresser empat minggu sekali.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kepala Yang Gatal

Apakah itu tingkat kelembaban dan hujan yang tinggi