Anemia adalah salah satu masalah yang bisa mengganggu ibadah puasa kamu. Karena penurunan jumlah sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh akan membuat badan menjadi mudah lemas dan lelah. Sehingga sata puasa hal ini sangat menjadi masalah. Apalgi jika mereka tidak bisa menjaga pola makan dengan benar. Tetapi jangan sampai jika anemia ini mengganggu ibadah puasa kamu. Untuk mengatasinya, kamu harus merubah kebiasaan kamu sebelum puasa. Sehingga puasa kamu tidak bolong-bolong. Kamu bisa menjalani puasa dengan lancar dan juga bersemangat. Penasaran apa aja tipsnya? Yuk kita lihat sekarang, inilah beberapa tips yang harus kamu lakukan agar tetap bisa berpuasa walaupun punya masalah anemia, antara lain ;

  1. Jangan Minum Kopi dan Teh

Tips pertama yang harus kamu lakukan agar tetap bisa berpuasa walaupun mempunyai masalah dengan anemia adalah jangan minum kopi dan teh. Sebenarnya mengonsumsi kopi dan teh serta minuman berkafein lainnya pada saat  puasa tidak baik. Karena minuman seperti ini dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Jadi akan lebih baik kamu perbanyak minum air putih saat sahur maupun berbuka.

  1. Perbanyak Konsumsi yang Mengandung Zat Besi

Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan agar tetap bisa berpuasa walaupun mempunyai masalah dengan anemia adalah dengan memperbanyak konsumsi makana n yang mengandung zat besi. Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berpuasa adalah kuning telur, daging, kacang-kacangan, hati, dan sayuran berwarna hijau tua. Jika kamu rajin mengonsumsi beberapa jenis makanan ini maka kamu bisa menjalani puasa tanpa ada halangan apapun. Jadi puasa kamu tidak akan bolong-bolong. Jadi perhatikan menu yang akan kamu gunakan untuk sahur dan juga berbuka.

  1. Konsumsi Makanan yang dapat Meningkatkan sel darah Merah

Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan agar tetap bisa berpuasa walaupun mempunyai masalah dengan anemia adalah dengan mengonsumi makanan yang dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Dengan menjaga pola makan dengan baik, maka tubuh kamu tidak akan mengalami masalah. Jadi konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan sel darah merah seperti brokoli, bayam, ataupun sayuran hijau lainnya.

  1. Mengonsumsi SuplemenPenambah Darah

Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan agar tetap bisa berpuasa walaupun mempunyai masalah dengan anemia adalah dengan mengonsumsi suplemen penambah darah. Jika kamu memang sudah terbiasa mengonsumsi suplemen penambah darah, maka kamu bisa juga mengonsumsinya saat puasa. Kamu bisa meminumnya saat sedang sahur. Sehingga anemia kamu tidak akan bermasalah walaupun sedang puasa.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Perubahan Gaya Hidup Yang Harus Dilakukan untuk Menurunkan Berar Badan

Sekarang ini, banyak wanita yang mengalami obesitas bukan