Mendengkur adalah masalah yang umum terjadi, yang mempengaruhi hampir 45 persen orang dewasa normal. Suara menjengkelkan ini bisa mengganggu tidur kamuĀ  dan juga orang-orang yang tidur dengan kamu. Mendengkur terjadi saat otot santai di tenggorokan bergetar dan mulai menghasilkan suara bising. Hal ini sering dianggap sebagai gangguan tidur. Berikut adalah beberapa pengobatan di rumah yang bisa kamu coba untuk mengurangi (dan bahkan berhenti) mendengkur.

  1. Menggunakan Pelembab Ruangan

Mendengkur bisa disebabkan karena udara dikamar yang terlalu kering. Hal ini akan mengeringkan membran dan juga tenggorokan hidung dan membuat gerakan udara terbatas, yang pada gilirannya membuat jaringan bergetar, dan menyebabkan mendengkur. Untuk mengatasi masalah ini, belilah pelembab dan letakkan di kamar tidur kamu.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan jugaĀ  bisa menjadi alasan mendengkur kamu. Bila kamuĀ  kelebihan berat badan, mungkin ada jaringan ekstra di tenggorokan yang berkontribusi pada kebisingan. Semakin banyak blok tenggorokan kamu, semakin banyak udara terganggu. Hal ini menciptakan getaran dan karenanya, mendengkur.

  1. Melakukan Pranayama

Pranayama adalah asana yoga yang didedikasikan untuk mengendalikan pernapasan kamu. Dengan belajar pranayama, kamu bisa menguasai napas dalam dan lambat dan memastikan paru-paru kamu mendapatkan cukup oksigen. Pranayama membantu dalam sirkulasi darah secara keseluruhan di dalam tubuh. Telah dikatakan dapat meringankan banyak gangguan tidur termasuk mendengkur. Berlatih pranayama juga akan membuat Anda merasa diremajakan dan diberi energi.

  1. Melatih Otot-otot Tenggorokan dan Lidah

Dengan membuat otot-otot di tenggorokan dan lidah kamu kuat, kamuĀ  bisa mengurangi dengkuran kamu. Karena berolahraga membuat mereka kuat dan mengurangi kemungkinan tergelincir kembali saat istirahat kamu. Bila kamuĀ  menua, jaringan kamu akanĀ  kehilangan elastisitas dan kekuatannya dan dengan demikian menghalangi saluran udara kamu.

  1. Menggunakan Bantal Dibawah Kepala

Saat kamu tidur terkadang lidah kamuĀ  jatuh kembali dan menghalangi tenggorokan kamu. KamuĀ  bisa menghindari ini dengan menjaga bantal di bawah kepala kamu. Ini juga membuka jalan napas.

  1. Jangan Minum Alkohol Sebelum Tidur

Untuk mencegah mendengkur jangan minum alkohol sebelum tidur karena alkohol melemaskan jaringan di tenggorokan dan membuat lidah kamuĀ  jatuh kembali. Ini menghalangi jalan nafas dan menyebabkan mendengkur.

  1. Jangan Gunakan Bantal Terlalu Tebal atau Terlalu Tipis

Bantal kamuĀ  seharusnya tidak terlalu lembut, atau terlalu rata. Sambil mengangkat kepala kamu dapat membantu kamuĀ  membuka saluran udara dan membuat pernapasan lebih mudah, jika kepala kamuĀ  terlalu tinggi, jalan napas kamuĀ  bisa tersempit dan bisa menyebabkan kamuĀ  mendengkur. Jangan gunakan bantal yang terlalu tebal atau terlalu tipis. Sesuaikan dengan itu.

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita