Selain saldo di tabungan, angka yang amat sangat dikhawatirkan oleh banyak orang yakni angka berat badan. Angka yang satu ini bisa menjadi sangat horor, terlebih untuk para wanita yang sangat berusaha untuk menjaga penampilan. Angka timbangan memang sangat penting mengingat dari angka timbangan ini bisa terlihat apakah tubuh proporsional atau tidaknya, meski tidak semuanya.

Untuk bisa mengetahui dengan benar seberapa besar angka timbangan yang tepat, maka cara dan waktunya pun harus tepat. Mungkin kamu juga pernah merasakan saat pagi dan siang menimbang, angka yang muncul berbeda. Hal ini karena ada banyak faktor yang menjadikan timbangan seolah naik dan turun. Berikut ini beberapa faktor yang dimaksud:

1. Perhatikan waktu menimbang

Menimbang pada waktu yang sama setiap hari akan bisa jadikan hasil timbangan adil. Angka tersebut akan bisa lebih mudah dijadikan patokan. Waktu terbaik dalam menimbang berat badan yakni pagi hari sebelum kamu menyantap sarapan.

2. Pakai baju dalaman saja

Pakaian yang kamu kenakan ketika menimbang tentunya juga bisa menambah bobot pada tubuhmu. Oleh karena itu hindari menggunakan pakaian-pakaian yang berat misalnya jeans atau jaket babyterry yang tebal. Untuk bisa lebih akurat, maka lebih baik menggunakan pakaian dalaman saja. Kamu juga bisa menggunakan kaos atau celana kolor saja, yang penting pakaian yang kamu kenakan ringan.

3. Stabilkan posisi tubuh

Ketika menimbang, usahakan posisi tubuh untuk stabil dan tidak banyak bergerak. Jangan sampai kamu banyak bergerak, mengangkat satu kaki atau pose aneh lainnya. Kian kecil tekanan timbangan, maka angka yang akan keluar justru tidak akurat. Untuk itu berdiri tegak. Jika kamu sulit melihat angka timbangan, maka kamu bisa jongkok tapi harus tenang.

4. Suhu mempengaruhi

Penelitian menunjukkan jika kala suhu sedang dingin dan level resapannya tinggi hingga angin kencang maka bisa menjadikan berat badan menurun. Meski demikian jangan terlalu bahagia dulu karena penurunan berat badan ini hanya sementara saja. Alasannya adalah karena efek penyusutan dari tubuh.

5. Letakkan timbangan pada tempat keras dan datar

Meski berpengaruhnya hanya sedikit, tapi peletakan timbangan juga bisa menjadikan akurasi angka yang keluar pun tepat. Kamu harus letakkan timbangan pada tempat yang keras dan datar. Dengan demikian maka angka timbangan yang keluar lebih pas dan sesuai dengan bobot tubuh.

6. Hindari menimbang usai olahraga

Tentu kamu penasaran sekali berapa bobot yang turun usai kamu olahraga. Meski demikian, menimbang setelah olahraga sama sekali tidak adil karena kandungan air yang ada di tubuh sedang dalam kondisi turun drastis. Ini terjadi karena adanya proses sekresi dimana terjadi pembakaran lemak. Tak heran jika berat badanmu seolah turun.

7. Hormon PMS berpengaruh

Menimbang berat badan kala masa PMS ternyata juga memberikan sumbangan berat badan berlebih. Meski nantinya usai hormon normal kembali maka berat badan akan kembali stabil, tapi tetap saja penambahan angka berat badan akan menjadikan suasana hatimu mendadak buruk.

Baca Juga Awas, Kenaikan Berat Badan yang Kamu Alami Adalah Tanda Masalah Kesehatan Kalau Kaya Gini!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Standar Ganda yang Sering Dihadapi Para Wanita

Standar ganda adalah alasan bagi berbagai penderitaan yang