Ketika merasa cemburu, seseorang bisa menjadi menyebalkan dan suka nyinyir alias mengomentari apa pun yang kamu lakukan. Kecemburuan yang tidak berdasar kadang bisa mengganggu. Sayangnya, tidak semua orang sadar dan paham bahwa orang lain sedang cemburu padanya.

Jika teman kamu sering sekali berkomentar yang tidak mengenakkan, kamu tidak perlu khawatir dan tidak perlu mengambil hati. Dia melakukan itu karena cemburu padamu. Berikut adalah tanda-tanda bahwa teman kamu sedang cemburu atau iri padamu :

  1. Dia memuji kamu dengan penghinaan

Ketika teman kamu iri pada kamu, dia justru akan mendukung kamu dengan memberikan pujian, tapi di balik pujian yang diberikan padamu, terkadang ada hal-hal lain yang sebenarnya menjatuhkan kamu.  

Misalnya, kamu baru saja mendapatkan pekerjaan baru dan teman kamu memuji kamu dengan mengatakan, “Wah, keren! Biasanya perusahaan itu tidak mempekerjakan orang yang pengalamannya minim, loh. Selamat ya!”

  • Dia menertawakan kesalahan kamu

Sekalipun kesalahan yang kamu buat adalah kesalahan yang sudah lama sekali, atau meskipun kamu sedang sangat menderita karena kesalahan kamu, teman kamu tidak mencoba menghibur. Dia justru jadi orang pertama yang akan menertawakan atau makin mencaci kamu dengan kata-kata, “Tuh kan. Apa ku bilang”

Dia mungkin merasa senang dan puas saat kamu mengalami kegagalan. Siapa pun yang menikmati kegagalan orang lain bukanlah seorang teman yang layak untuk dipertahankan.

  • Dia selalu membuat alasan untuk menghindari kamu

Coba perhatikan apakah teman kamu menghindar saat kamu ajak untuk bertemu. Jika dia merasa cemburu, biasanya dia akan menolak untuk merayakan kesuksesan kamu atau mendengarkan cerita kamu.

Dia mungkin akan menolak ajakan kamu untuk hang out dengan berbagai alasan. Entah itu karena sibuk, karena ada acara keluarga, karena tidak enak badan, dsb.  Selain itu, kamu mungkin akan mendapati mereka berinteraksi dengan orang lain di luar geng kamu.  

  • Dia bergosip di belakang dan membicarakan kamu

Terkadang, bahkan teman kamu pun tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya iri atau cemburu padamu. Kecemburuan ini kemungkinan besar akan dimulai dengan perasaan “tidak suka”, terutama jika kamu mencapai sesuatu yang selalu mereka inginkan.

Jadi, ketika ini terjadi, kamu mungkin akan mulai mendengar dari orang lain bahwa “teman” kamu itu menyebarkan berita yang tidak baik tentang kamu. Dia senang merendahkan kamu di depan orang lain sehingga dia akan tampak lebih baik daripada kamu.

  • Dia mengatakan bahwa kamu hanya beruntung

Kata-kata seperti, “Wah, kamu beruntung banget sih,” yang diucapkan saat seseorang memenangkan lotre, mungkin terlihat wajar. Tapi, jika kata-kata seperti itu muncul ketika seseorang memperoleh pencapaian seperti mendapat beasiswa, diterima di sekolah impian, atau mendapat pekerjaan baru, maka itu akan menjadi tidak wajar.

Jika teman kamu selalu berkata bahwa kamu hanya beruntung, itu artinya dia cemburu padamu dan dia berusaha menjatuhkan kamu. Dia tidak mengakui bahwa kamu layak untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan. Dia juga tidak mengakui bahwa kamu kompeten.

  • Mereka meragukan prestasi kamu

Teman yang cemburu kemungkinan besar akan merasa buruk saat kamu memperoleh prestasi. Misalnya, ketika kamu mendapat nilai A saat ujian, kemudian teman kamu melarang kamu untuk merayakan keberhasilanmu. Dia mungkin mengatakan, “Jangan senang dulu. Tidak usah heboh. Masih ada ujian yang lebih sulit.”

Atau bisa jadi teman kamu membandingkan nilai kamu dengan nilainya di topik lain, “Ah, yang itu memang lebih mudah. Pantas kamu dapat nilai A. Kalau punyaku dulu sih lebih sulit.”

Baca Juga :

Malu Ajak Gebetan Untuk Kencan? Tips Jitu Ini Bisa Membantumu

Jangan Kaget, Masalah Seperti Ini Kerap Dihadapi Pasangan Berbeda Usia Terlalu Jauh

Jadi Diri Sendiri dengan Tips Menemukan Fashion Sesuai Kepribadian Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Bakat Kamu Lewat 8 Cara Berikut

Minat dan bakat adalah kedua isu membuat orang