Image result for mengatasi benjolan pada tubuh

Terkadang, Cukur atau berbagai cara untuk menghiangkan rambut lainnya yang kita gunakan dapat menyebabkan benjolan yang menyakitkan pada tubuh. Benjolan ini tumbuh karena rambut kamu  tersangkut di bawah kulit kamu  saat tumbuh kembali. Selain tidak sedap dipandang, benjolan ini benar-benar bisa terasa sakit dan kadang gatal, terutama jika tumbuh di daerah kemaluan.

Terkadang, benjolan itu bisa berubah menjadi pustula nanah, dan membuat kondisinya semakin parah bagi kamu, karena ini meningkatkan rasa sakit, iritasi, dan gatal. Terkadang, kulit di sekitar benjolan mulai menjadi gelap, yang merupakan kondisi yang dikenal sebagai hiperpigmentasi.

Orang dengan rambut tebal atau kurus memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk mendapatkan benjolan ini pada tubuh karena rambutnya tumbuh ke dalam. Hal ini terutama berlaku untuk rambut kemaluan, yang kasar dan lebih curam daripada rambut lainnya di tubuh.

Masalah ini biasanya terjadi setelah bercukur, bila kadang-kadang, alih-alih bangkit dari permukaan, rambut ikal dan tetap berada di bawah permukaan kulit dan kemudian mulai tumbuh. Inilah yang menyebabkan kita semua merasa sakit dan tidak nyamanan. Untuk itu, kami akan memberikan tips bagaimana menangani benjolan ini jika hal itu pernah terjadi pada kamu.

  1. Hindari Mencukur:

Jika daerah sudah memiliki benjolan yang terbentuk, maka hindari menghilangkan  rambut dari daerah tersebut  dengan cara apapun. Karena ini akan semakin mengiritasi kulit. Tetapi, begitu benjolan itu sembuh, kamu  bisa menghilangkan  kembali rambutnya.

  1. Gunakan Tea Tree Oil:

Minyak pohon teh memiliki sifat anti bakteri, yang membuatnya sempurna untuk mengatasi hal-hal seperti benjolan dan jerawat. Caranya yang harus kamu lakukan adalah, taruh beberapa minyak pohon teh yang diencerkan pada benjolan dan membiarkan daerah trsebut terkena udara dengan tidak menutupinya. Lakukan ini dua kali sehari dan setiap hari sampai menunjukkan hasil yang kamu inginkan. Dan minyak pohon teh membutuhkan waktu dua sampai tiga hari untuk menunjukkan hasilnya.

  1. Aloe Vera Gel:

Jika gatal dan ketidaknyamanan yang kamu rasakan  terlalu buruk, kamu  bisa mencoba gel aloe vera untuk mendinginkan kulit. Caramya, kamu hanya perlu mengoleskan lapisan tebal gel aloe vera ke seluruh area yang bermasalah  dan biarkan sapai kering. Dan kamu  akan melihat bahwa efek menenangkan ini akan mengurangi rasa ketidaknyamanan yang kamu rasakan.

  1. Melakukan Eksfoliasi sebelum Hair Removal:

Selalu lakukan eksfoliasi daerah yang akan kamu hilangkan rambutnya. Karena, sel kulit mati inilah yang menyebabkan kulit  bereaksi. Kamu  bisa menggunakan scrub buatan sendiri yang terbuat dari garam atau gula, atau menggunakan sesuatu dengan asam glikolat atau asam salisilat untuk mengelupaskan area tersebut.

  1. Tahu Apa yang Cocok untuk Kamu:

Jika bercukur menyebabkan kamu  mengalami benjolan di tubuh kamu, gunakan metode  yang berbeda dari hair removal seperti waxing atau epilation. Demikian pula, waxing juga tidak sesuai dengan beberapa orang dengan kulit yang sangat sensitif.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,