kuku terlihat jorok

Siapa sih yang mau memiliki kuku yang terlihat jorok? Tapi sepertinya tak banyak yang tahu ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadikan kuku terlihat rusak dan jorok. Dan sayangnya kebiasaan yang merusak kuku ini seringkali dilakukan terus menerus. Penasaran kebiasaan apa saja?

1. Menggigit kuku

Menggigit kuku sudah pasti bisa merusak penampilan kuku. Namun tak hanya menjadikan tampilan kuku menjadi rusak, kebiasaan satu ini juga nampak jorok karena akan terdapat bekas gigitan. Dan juga, membawa semua bakteri dan kuman yang ada pada kuku masuk ke dalam mulut.

2. Mengelupas cat kuku

Mengelupas cat kuku, tanpa menggunakan cairan pembersih khusus bisa merusak elemen paling luar yang melapisi kuku. Sehingga permukaan kuku akan terlihat kusam. Untuk menghapus kuku sebaiknya gunakan cairan khusus dengan kandungan minyak alami.

3. Memotong kutikula

Kutikula merupakan salah satu yang menjadikan penampilan kuku terlihat jorok. Namun memotong kutikula justru akan merusak penampilan kuku. Karena itu sebaiknya gunakan minyak khusus untuk kutikula yang fungsinya bisa melembutkan dan menjadikan kutikula tak nampak kasar dan terkelupas.

4. Menggunakan cat kuku bahan gel dan akrilik

Kedua bahan cat kuku ini menutupi permukaan dan pori-pori kuku secara keseluruhan. Karena itu lah mengapa, setelah menggunakan cat kuku dengan kandungan akrilik maupun gel yang tahan lama, permukaan kuku akan berubah warna. Dan pada penggunaan yang berturut-turut, bahan cat kuku tersebut bisa membuat kuku rapuh dan mudah patah.

5. Tak menggunakan base coat

Base coat merupakan salah satu elemen penting yang menjadikan kuku menempel secara sempurna. Selain itu base coat pula yang nantinya menjadikan lebih tahan lama. Namun selain dua fungsi di atas, base coat juga melindungi kuku dari pengaruh buruk dari cat kuku.

6. Menggunakan aseton terus menerus

Penggunaan bahan-bahan kimia secara terus menerus sudah pasti akan merusak kuku. Tak hanya menjadikan penampilan kuku tampak rapuh dan menipis, tapi juga menjadikan warna alami kuku memudar. Salah satu bahan kimia berbahaya ini adalah aseton. Karena itu, sebaiknya gunakan produk penghapus cat kuku dengan kandungan alami.

7. Mengekspos kuku dengan air

Mandi, mencuci piring, dan kegiatan lain yang menjadikan kuku harus bersentuhan dengan air dalam waktu lama menjadikan kuku jauh lebih rapuh. Banyaknya air yang masuk ke lapisan bawah kuku menjadikan kuku menipis. Karena itu ketika mencuci pastikan untuk menggunakan sarung tangan khusus.

8. Cat kuku dengan bahan berbahaya

Saat ini ada banyak cat kuku yang menggunakan bahan Formaldehyde yang biasanya digunakan pada proses pengawetan mayat. Sebaiknya pilih cat kuku dengan bahan pewarna alami yang saat ini juga sudah banyak tersedia di pasaran.

Jadi, siap mengubah kuku terlihat jorok menjadi lebih cantik?

About the author

An instant human, just add coffee. Beauty enthusiast, living life the fullest. Part-time writer and full-time dreamer.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Resep Hilangkan Jerawat Ala Artis Korea

Ini Lho Rahasia Wanita Korea untuk Hilangkan Jerawat