Menggunakan makeup sehari-hari sudah bukan hal yang baru atau pertama kali kamu lakukan. Sudah pasti. Meski mungkin juga ada beberapa dari kalian yang justru memilih untuk tak menggunakan makeup. Namun di sisi lain, kebiasaan untuk menggunakan riasan yang tebal sehari-hari rupanya memiliki banyak sisi berbahaya. Terutama untuk kulit wajah. Meski juga ada beberapa bahaya lain pada kesehatan.

Mengenai kebiasaan menggunakan makeup, kamu seharusny menerapkan rule 3 set untuk sehari-hari. Dimana makeup palomg banyak yang akan digunakan pada hari itu tak boleh lebih dari 3 bagian saja. Misalnya, maskara, eyeliner, lipstick. Atau eyeshadow, maskara, dan lipstick. Aturan ini dipercaya menghindarkan kamu dari menggunakan riasan yang terlalu tebal.

Di bawah ini terdapat beberapa bahaya dari makeup yang terlalu tebal.

1. Pori-pori tersumbat

Menggunakan Makeup

Tak ada yang lebih buruk ketika menggunakan makeup selain pori-pori yang tersumbat. Sayangnya, masalah ini bukan pertama kali dan bukan tak mungkin untuk terjadi. Menggunakan riasan make up yang terlalu tebal untuk sehari-hari menjadikan pori-pori pada wajah tersumbat. Ini tentunya karena makeup memiliki partkel kecil yang bisa dengan mudah masuk pada pori-pori di kulit wajah.

Belum lagi bila nantinya ternyata sisa makeup ini tak dibersihkan dengan benar setelah seharian penuh beraktifitas. Pori-pori yang tersumbat menjadi ancaman untuk munculnya jerawat hingga mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit.

Jadi selain memastikan untuk membersihkan wajah dari makeup, pastikan juga untuk menggunakan make up yang berlebihan.

2. Kemungkinan terjadinya infeksi

Semakin sering kamu menggunakan riasan, maka semakin besar juga kemungkinan terjadinya infeksi pada wajah. Ini karena kamu mungkin tak menyadari bahwa alat makeup dan riasan yang kamu gunakan sudan terinfeksi bakteri. Beberapa alat makeup yang paling sering terinfeski bakteri seperti lipstik hingga maskara pun masih akan kamu gunakan lagi dan lagi, yang bisa menjadi penyebab infeksi.

Jadi selain menghindari banyak menggunakan makeup, cara lain juga dengan memastikan untuk membersihkan alat makeup serta memastikan makeup yang digunakan tidak kadaluarsa. Ketahui juga bahwa masing-masing alat makeup memiliki usia sendiri yang berbeda dengan alat make up lain. Misalnya, lipstik dipercaya akan kadalursa dalam waktu 3 bulan saja.

3. Menjadi salah satu alasan penuaan dini

Ya, make up rupanya juga bisa menjadi salah satu penyebab dan alasan dari penuaan dini. Beberapa masalah yang terjadi pada kulit yang menjadi penanda penuaan dini biasanya juga dikarenakan pada makeup. Makeup yang berlebihan bisa membuat kulit terlihat lebih cepat kering, terlebih bila kamu menggunakan pembersih makeup dengan kandungan alkohol yang membuat kulit kering.

Selain itu menggunakan makeup yang berlebihan juga membuat kamu terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Fungsi Setting Spray Yang Harus Kamu Tahu

Setiap wanita pastinya akan suka jika make up