Selain produk yang sebaiknya digunakan, ada juga sederet produk perawatan untuk kulit wajah dan juga tubuh, yang sebaiknya kamu hindari. Ada berbagai alasan berbeda mengapa sebuah produk perawatan sebaiknya dihindari. Namun yang pasti, salah satu alasannya pastilah : berbahaya untuk kulit. Atau bisa juga, produk yang wajib dihindari ini tak akan memberikan efek manfaat seperti yang sebelumnya dijanjikan.

Ya, alias produk tersebut memberi hasil yang mengecewakan. Namun selain itu semua, yang paling penting dan harus dihindari dari sebuah produk perawatan untuk kulit adalah yang memberikan bahaya. Entah itu untuk kesehatan atau untuk keadaan kulit nantinya.

1. Jangan gunakan produk yang tak cocok untuk kulit

Produk Perawatan Untuk Kulit Wajah

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Entah itu kulit kering, berminyak, sensitif, atau malah tipe kulit kombinasi. Tak memperhatikan tipe kulit kamu dan asal menggunakan produk perawatan untuk kulit tak akan memberikan hasil maksimal.

Salah satunya? Bila kamu memiliki tipe kulit berminyak, dan menggunakan produk untuk kulit kering yang salah satu fungsiny merangsang kerja kelenjar minyak pada kulit. Maka kulit kamu akan terlihat semakin berminyak pula!

2. Menggunakan sunscreen dengan aroma

Secara teori, menggunakan sunscreen dengan aroma atau bau-bauan memang seperti tak ada masalah. Secara kesehatan dan kondisi kulit lain lagi. Sunscreen dengan aroma rupanay memperbesar kemungkinan terjadinya iritasi pada kulit. Yang terjadi karena pengaruh sinar UV matahari, dengan kandungan SPF, dengan unsur fragrance itu sendiri.

Selain itu juga bisa menyebabkan rasa pusing hingga mual dalam pemakaian yang lama. Jadi, cari saja sunscreen dengan tak ada aroma ya.

3. Jangan gunakan produk dengan benzoyl peroxide dan salicylic acid bersamaan

Kedua bahan kimia ini, benzoyl peroxide dan salicylic acid memang memiliki fungsi yang seakan saling melengkapi. Yang satu bekerja untuk mengempeskan jerawat dengan melawan iritasi yang terjadi pada kulit karena bakteri penyebab jerawat. Lainnya bekerja untuk menghilangkan bekas jerawat sama sekali.

Namun rupanya menggunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid bersama-sama bisa menyebabkan kulti kering, terkelupas, hingga memerah karena iritasi. Sebaiknya beri jeda beberapa hari ketika menggunakan produk berkandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid.

4. Hindari paraben

Paraben bukan hanya berbahaya bila digunakan oleh ibu hamil. Yang sudah terdapat banyak sekali study mengenai bagaimana paraben mempengaruhi kandungan dan keadaan bayi. Paraben, rupanya juga harus dihindari dalam penggunaan sehari-hari.

Paraben, atau dalam bentuk turunannya seperti methylparaben, ethylparaben, propylparaben, dan butylparaben rupanya menjadi salah satu kandiungan yang bisa memicu kanker. Entah itu kanker kulit hingga sel kanker pada tubuh. Sayangnya hingga saat ini masih banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar paraben di dalamnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tes DNA Untuk Mengetahui Kondisi Kulit Wajah, Kok Bisa?

Semua produk kecantikan pastilah memberikan klaim jika produk