Dengarlah, ladies! Terlepas dari berapa banyak langkah yang dilakukan dalam rutinitas perawatan kulit Anda, tidak mengikutinya dengan benar tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Meskipun sebagian besar dari Anda sudah familiar dengan dasar-dasar perawatan kulit, ada beberapa kesalahan yang mungkin tanpa Anda sadari lakukan, yang dapat merusak kulit Anda dalam jangka panjang. Berikut beberapa kesalahan perawatan kulit yang perlu Anda hentikan jika ingin kulit tampak lebih baik.

1. Eksfoliasi berlebihan

Pengelupasan kulit adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit apa pun, tetapi melakukannya secara berlebihan bisa lebih merugikan daripada menguntungkan kulit Anda. Eksfoliasi berlebihan untuk mengatasi masalah seperti kulit terkelupas atau sifat berminyak yang berlebihan dapat merusak pelindung alami kulit Anda. Hal ini membuat kulit Anda terkena kerusakan akibat sinar matahari, polusi lingkungan, dan racun lain yang mungkin bersentuhan dengan Anda. Lakukan eksfoliasi kulit Anda dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

2. Menumpuk produk

Apakah Anda bersalah karena mengaplikasikan terlalu banyak produk dengan harapan hasil yang lebih baik? Maaf jika harus membocorkannya kepada Anda, tetapi cara itu tidak berhasil. Dalam hal perawatan kulit — lebih sedikit lebih baik! Anda hanya membutuhkan pelembab seukuran kacang polong untuk menutupi seluruh wajah Anda. Hal yang sama berlaku untuk produk lainnya. Lihat panduan ukuran porsi kami untuk memastikan Anda tidak menyia-nyiakan produk dan uang Anda dengan menerapkan terlalu banyak secara tidak perlu.

3. Tidak mengaplikasikan produk dengan urutan yang benar

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, berapa pun jumlah langkah rutin yang Anda lakukan, penerapannya yang salah tidak akan memberikan manfaat apa pun. Produk Anda harus berlapis-lapis mulai dari yang paling ringan (serum/toner) hingga yang paling kental (krim dan emolien) agar efektif. Konsistensi yang lebih kental dapat menghalangi bahan yang lebih tipis untuk menembus kulit secara efektif, sehingga membuatnya tidak berguna.

4. Mengabaikan bibir

Meskipun sebagian besar dari Anda sudah mulai memperhatikan mata, namun bibir masih tetap diabaikan. Sama seperti mata Anda, kulit bibir Anda juga sangat tipis dan membutuhkan perawatan yang tepat. Gunakan scrub bibir dan lanjutkan dengan balsem bibir yang melembapkan agar tetap sehat dan montok.

5. Menggunakan pelembab yang sama untuk siang dan malam

Oke, jadi Anda melembabkan kulit Anda di siang dan malam hari — bagus! Namun jika Anda menggunakan pelembab yang sama pada rutinitas siang dan malam hari, kita punya masalah. Kebanyakan krim siang hari mengandung SPF dan bahan lain yang melindungi kulit Anda dari unsur lingkungan yang berbahaya. Sebaliknya, krim malam diformulasikan dengan bahan-bahan yang lebih ampuh untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti jerawat, penuaan, pigmentasi, dll. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pelembab yang berbeda untuk siang dan malam untuk hasil terbaik.

Bagaimana, ladies? Apakah Anda juga pernah melakukan kesalahan yang sama? Jika sudah pernah, Anda bisa menghindarinya untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat. 

Baca Juga :

Mencoba Produk Perawatan Kulit Baru? Inilah Berapa Lama Anda Bisa Menunggu Untuk Melihat Hasilnya

5 Manfaat Perawatan Kulit dari Oil Pulling

Simpan Tips Perawatan Kulit Ini Saat Anda Menikmati Percikan Musim Panas di Kolam Renang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Terbaik untuk Melembutkan dan Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah bisa menjadi gangguan yang nyata. Mereka