Anda mungkin menerapkan aturan kecantikan yang ketat, tetapi ada satu hal yang tidak dapat Anda kendalikan. Kita berbicara tentang rambut wajah yang tidak diinginkan. Terkadang kita mengalami pertumbuhan berlebih dan bingung bagaimana cara menghilangkan bulu wajah secara permanen (biasanya kasar dan gelap).

Rambut di wajah dapat menimbulkan dampak emosional; Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki rambut wajah berlebih sering kali melaporkan tingkat kecemasan klinis. Sebuah studi tahun 2006 yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa rata-rata wanita dengan rambut di wajah menghabiskan lebih dari satu setengah jam seminggu untuk mencoba mengatasi masalahnya. Lantas, apa saja yang menyebabkan pertumbuhan bulu di wajah? Berikut rinciannya.

Secara umum, hirsutisme disebabkan oleh kelebihan hormon pria yang disebut androgen. Ketidakseimbangan hormon sering kali menjadi penyebab pertumbuhan rambut seperti ini.

Penyebab lainnya termasuk hiperplasia adrenal kongenital (kondisi medis keturunan yang memengaruhi kelenjar adrenal), obesitas atau penambahan berat badan yang cepat, dan asupan steroid anabolik yang biasa dikonsumsi oleh orang yang ingin membentuk otot.

Namun PCOS (sindrom ovarium polikistik) dikatakan sebagai penyebab paling umum dari pertumbuhan rambut berlebihan di wajah atau di bagian tubuh lain.

1. Rambut Wajah Berlebihan

Hal pertama yang pertama; Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan hirsutisme. Hirsutisme tidak lain hanyalah pertumbuhan rambut berlebihan di wajah atau di bagian tubuh lain. Umumnya, penyakit ini menyerang wanita; penelitian menunjukkan bahwa satu dari 14 wanita menderita hirsutisme. Anda bisa mengalami hirsutisme berlebihan jika pertumbuhan rambut tebal dan hitam, serta tidak halus dan tipis.

Terkadang, gejala hirsutisme yang menyertai mungkin termasuk menstruasi yang tidak menentu, kulit berminyak, dan jerawat. Langkah pertama dalam menangani hirsutisme adalah berkonsultasi dengan dokter yang mungkin akan meminta Anda menjalani beberapa tes kesehatan untuk mengetahui penyebab hirsutisme. Mengetahui derajat hirsutisme akan membantu Anda merencanakan cara menghilangkan bulu wajah secara permanen.

2. Kondisi Medis

Jika Anda memiliki kondisi medis yang menyebabkan pertumbuhan rambut berlebihan, Anda harus melakukan segala upaya untuk mengatasi penyakit tersebut terlebih dahulu. Studi menunjukkan bahwa PCOS menyumbang sekitar 72 hingga 82 persen kasus pertumbuhan rambut berlebihan. Jadi, jika Anda telah didiagnosis menderita PCOS, Anda harus mengatasi masalah ini dengan cara perang. Ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi medis ini.

Jika Anda kelebihan berat badan dan terdiagnosis PCOS, menurunkan berat badan dengan menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu mengatur siklus menstruasi Anda. Para ahli mengatakan bahwa menurunkan berat badan akan mengurangi kadar insulin Anda, sehingga menurunkan kadar testosteron, yang pada gilirannya tidak hanya meningkatkan kesuburan tetapi juga mengurangi gejala yang terlihat seperti pertumbuhan rambut berlebihan dan jerawat.

Pil kontrasepsi oral banyak diresepkan untuk PCOS. Selain itu, obat hormon untuk mengurangi testosteron dan merangsang ovulasi serta obat-obatan, seperti metformin, untuk mengobati diabetes juga diresepkan. Pembedahan untuk mengangkat kista besar dan menghancurkan jaringan penghasil androgen biasanya dianggap sebagai pilihan terakhir.

Baca Juga :

3 Rahasia Rambut Halus dan Awet Muda

8 Tips Perawatan Rambut & Penataan Rambut Yang Harus Diikuti Setiap Gadis

7 Keajaiban Minyak Jarak untuk Kesehatan Rambut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Terbaik untuk Melembutkan dan Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah bisa menjadi gangguan yang nyata. Mereka