Pertumbuhan bulu-bulu rambut yang tidak diinginkan di wajah dapat menyebabkan insecure terhadap penampilan diri. Oleh karenanya tidak jarang para wanita mencoba untuk melakukan berbagai cara menghilangkan bulu rambut tersebut. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bulu rambut di wajah secara tradisional dan modern.

1. Masker Pepaya dan Kunyit

Dalam mangkuk, campurkan 2 sdm pasta pepaya, ½ sdt bubuk kunyit, dan 5 sdm gel lidah buaya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ke area yang menunjukkan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan. Diamkan selama 20 menit hingga kering. Hapus ini dengan menggosok berlawanan arah dengan pertumbuhan rambut.

2. Tepung Gram dan Air Mawar

Ambil 3 sendok makan tepung gram hijau, satu sendok makan air mawar, dan satu sendok teh jus lemon, lalu aduk rata dalam mangkuk. Oleskan pada area dimana pertumbuhan rambut paling terlihat. Tunggu selama 30 menit atau lebih atau sampai benar-benar kering. Gosok masker dengan gerakan memutar.

3. Lulur Pisang dan Oatmeal

Campurkan satu pisang tumbuk dengan tiga sendok teh oatmeal dalam mangkuk. Pijat ke wajah Anda selama 15-20 menit dengan gerakan memutar dan bilas dengan air. Untuk hasil terbaik, gunakan masker dua kali seminggu.

4. Tepung Beras, Kunyit dan Susu

Ambil 3 sdm tepung beras, satu sdm bubuk kunyit dan 2 sdm susu. Campur semua bahan menjadi satu. Tambahkan air, jika perlu. Oleskan masker ini ke area yang terkena dan tunggu selama 30 menit. Setelah benar-benar kering, bilas dengan air hangat.

5. Air Mawar, Minyak Zaitun dan Tawas

Ambil sedikit tawas, satu sendok makan air mawar, dan satu sendok makan minyak zaitun. Campur semua – pastikan tawas (jadi bubuk) larut dalam air mawar. Oleskan ke area yang terkena dengan bola kapas. Tunggu sampai benar-benar kering. Oleskan lapisan lain dan tunggu sampai kering. Ulangi ini 6 kali. Cuci dan hidrasi kulit dengan pelembab atau beberapa tetes minyak zaitun.

6. Masker Telur dan Tepung Jagung

Campurkan 2 sdt gula pasir dengan satu sdt tepung maizena dan satu butir telur hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 15-20 menit. Kupas perlahan setelah kering, dan ulangi tiga kali seminggu untuk hasil maksimal.

Akan membantu mencerahkan rambut yang tidak diinginkan karena lemon memiliki sifat memutihkan.

7. Elektrolisis

Elektrolisis adalah metode yang cukup populer untuk menghilangkan bulu wajah secara permanen. Pada dasarnya, selama elektrolisis, alat epilator dimasukkan ke dalam kulit dan frekuensi radio gelombang pendek dikerahkan untuk merusak folikel rambut dan mencegah tumbuhnya rambut baru.

Anda tidak bisa mendapatkan manfaat penghilangan bulu jangka panjang dari elektrolisis hanya dalam satu kali perawatan; Anda memerlukan beberapa tindak lanjut untuk menghilangkan bulu wajah secara permanen. Tetapi jika Anda memiliki kesabaran dan uang tambahan, elektrolisis dapat memberi Anda hasil yang diinginkan, menurut para ahli. Terlebih lagi, ini adalah prosedur perawatan yang rendah.

Namun jangan melakukan elektrolisis tanpa berkonsultasi dengan ahlinya. Anda memerlukan dokter kulit bersertifikat untuk proses ini. Jika jarum suntik yang tidak steril digunakan, prosedur ini dapat menyebabkan infeksi parah.

8. Laser Hair Removal

Penghilangan bulu dengan laser adalah metode populer lainnya untuk menghilangkan bulu wajah secara permanen. Namun, penting untuk memahami implikasi penuh dari penghilangan bulu dengan laser sebelum memilihnya. Pada dasarnya, penghilangan bulu dengan laser melibatkan penyebaran radiasi ringan dengan bantuan laser panas tinggi.

Prinsip dasarnya, folikel rambut perlu dirusak agar dapat menghambat pertumbuhan rambut secara permanen. Sekali lagi, hal ini memerlukan sejumlah tindak lanjut untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Selain itu, ini bisa menjadi prosedur yang mahal. Ketiga, Anda memerlukan program perawatan setelah perawatan yang menyeluruh.

Misalnya, tidak ada pusat kebugaran, tata rias, spa, atau sauna untuk Anda setelah perawatan laser. Anda juga perlu menggunakan produk khusus yang direkomendasikan oleh dokter kulit Anda; Anda perlu menghindari scrub, asam glikolat, dan krim retinol. Catatan lain yang perlu diperhatikan: Laser tidak 100 persen permanen, rambut mungkin muncul kembali setelah beberapa waktu.

9. Waxing Wajah

Anda juga mungkin diminta untuk mempertimbangkan waxing wajah karena waxing dapat mencabut rambut dari akarnya. Jika Anda ahli, Anda bisa melakukannya di rumah, tetapi biasanya dilakukan sebagai prosedur salon. Biayanya juga terjangkau dibandingkan dengan teknik penghilangan bulu permanen, dan mudah dilakukan karena sekelompok rambut dapat dihilangkan sekaligus.

Selain itu, dalam jangka waktu tertentu, waxing dapat menghilangkan bulu secara permanen jika folikel cukup melemah. Lilin lembut (disetujui untuk penggunaan kosmetik) diaplikasikan pada area yang diinginkan dengan benda seperti spatula atau pisau mentega. Potongan kain atau kertas diaplikasikan di atasnya dan ditekan dengan kuat ke dalam kulit. Kemudian strip tersebut dengan cepat dicabut searah dengan tumbuhnya rambut.

Saat ini, juga tersedia hard wax, dimana wax dapat dirobek tanpa menggunakan kain. Namun mungkin ada beberapa kelemahannya. Pertama-tama, waxing sering kali dapat menyebabkan bercak berdarah pada kulit. Dapat terjadi iritasi kulit, perubahan warna dan reaksi alergi lainnya juga. Karena Anda harus mengulangi prosesnya, rasa sakit bisa menjadi gejala permanen.

Baca Juga :

Bingung, Rambut Wajah yang Tidak Diinginkan Muncul? Berikut adalah 3 Paket Wajah Pepaya yang Akan Membuat kamu Takjub

10 Potongan Bingkai Wajah Rambut Depan Terbaik Untuk Anak Perempuan Yang Perlu Anda Coba

<strong>6 Potongan Rambut Dan Gaya Rambut Terbaik Untuk Wajah Oval</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Vitamin Untuk Kesehatan Hati

Hati Anda memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan