Oil pulling adalah praktik tradisional yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena banyak manfaat kesehatannya. Dari meningkatkan kebersihan mulut hingga detoksifikasi tubuh, oil pulling telah dikenal sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. Namun, tahukah Anda kalau oil pulling juga bisa berdampak signifikan pada kulit Anda? Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi manfaat oil pulling untuk kulit dan bagaimana hal ini dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Pertama, mari kita pahami apa itu oil pulling.

Apa itu Oil Pulling

Oil pulling adalah praktik tradisional India yang melibatkan memasukkan satu sendok makan minyak ke dalam mulut Anda selama 20-30 menit dan kemudian meludahkannya. Minyak yang paling umum digunakan untuk praktik ini adalah minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Proses mengukus minyak di mulut membantu menghilangkan bakteri dan racun berbahaya yang ada di mulut dan tenggorokan. Proses ini juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sekarang, mari selami manfaat oil pulling untuk kulit.

Manfaat Oil Pulling

1. Meningkatkan Warna Kulit Yang Jernih

Salah satu manfaat terbesar dari oil pulling untuk kulit adalah kemampuannya untuk membuat kulit menjadi bersih. Racun dan bakteri yang dikeluarkan dari mulut selama oil pulling juga ditemukan di bagian tubuh lain, termasuk kulit. Dengan menghilangkan zat-zat berbahaya ini dari tubuh, oil pulling dapat membantu mengurangi peradangan dan jerawat, sehingga membuat kulit Anda lebih bersih dan tampak sehat.

2. Meningkatkan Tekstur dan Nada

Selain membuat kulit menjadi bersih, metode oil pulling juga dapat membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit secara keseluruhan. Antioksidan yang terkandung dalam minyak membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Oil pulling secara rutin juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

3. Mengurangi Lingkaran Hitam dan Bengkak

Oil pulling juga dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata. Saat racun dikeluarkan dari tubuh, peradangan dan pembengkakan kulit di sekitar mata berkurang. Hal ini dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam dan bengkak, sehingga membuat Anda terlihat segar dan awet muda.

4. Mengurangi Penampilan Bekas Luka dan Noda

Manfaat lain dari oil pulling untuk kulit adalah kemampuannya dalam mengurangi munculnya bekas luka dan noda. Sifat anti-inflamasi pada minyak membantu mengurangi kemerahan dan peradangan, sehingga bekas luka dan noda tidak terlalu terlihat. Oil pulling secara teratur dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi munculnya bekas luka dan noda seiring berjalannya waktu.

5. Melembabkan Kulit

Terakhir, metode oil pulling juga dapat membantu melembabkan kulit. Minyak alami yang terkandung dalam minyak membantu menghidrasi dan menutrisi kulit, menjadikannya lembut dan kenyal. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit kering atau sensitif.

Bagaimana Melakukan Oil Pulling

Berikut cara melakukan oil pulling:

  • Pilih minyak yang Anda suka (minyak kelapa, wijen, atau minyak bunga matahari adalah pilihan yang populer).
  • Ambil satu sendok makan minyak dan kumur di mulut Anda selama 15-20 menit.
  • Dorong dan tarik minyak di sela-sela gigi dan sekitar gusi Anda.
  • Pastikan untuk tidak menelan minyaknya.
  • Keluarkan minyak ke tempat sampah (bukan wastafel).
  • Bilas mulut Anda dengan air hangat dan gosok gigi seperti biasa.
  • Ulangi sekali sehari untuk hasil terbaik.

Oil pulling bukan hanya sekedar praktik untuk kesehatan mulut, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kulit. Dari membuat kulit tampak bersih hingga mengurangi munculnya bekas luka dan noda, oil pulling dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Namun, penting untuk diingat bahwa oil pulling bukanlah pengganti rutinitas perawatan kulit yang sehat. Selalu disarankan untuk mengikuti rutinitas perawatan kulit teratur yang mencakup pembersihan, pengencangan, dan pelembab. Seperti halnya praktik baru lainnya, penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memasukkan oil pulling ke dalam rutinitas Anda.

Baca Juga :

Tau Ngak Sih Argan Oil, Emas dari Maroko yang Populer Dijadikan Bahan Dasar Pembuatan Kosmetik?

7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dengan Bahan Rumahan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Warna Lipstik Merah Sempurna Anda

Lipstik merah telah menjadi bahan pokok dalam dunia