Apakah alat kontrasepsi membuat berat badan bertambah? Jika pertanyaan ini menghantui malam Anda, kami hadir dengan jawabannya. Wanita cenderung mengalami kenaikan berat badan karena faktor genetik atau kehamilan atau setelah mencapai usia tertentu. Bahkan obat-obatan tertentu (antidepresan dan alat kontrasepsi) dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sekarang, ITULAH sesuatu yang perlu dijelaskan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis alat kontrasepsi dapat menyebabkan penambahan berat badan pada wanita. Namun penelitian lain tidak menemukan hubungan antara pengendalian kelahiran dan penambahan berat badan.

Survei Kontrasepsi Nasional yang dilakukan oleh Masyarakat Kontrasepsi Spanyol melibatkan 1.801 wanita berusia antara 14-49 tahun. Terungkap bahwa 78,7% wanita menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seksual. 18,5% di antaranya menggunakan kontrasepsi oral kombinasi, sementara 38,4% di antaranya pernah menggunakan kontrasepsi oral darurat setidaknya satu kali. 66,8% tidak terus menerus menggunakan kontrasepsi karena alasan pribadi.

Sebelum semakin bingung, mari kita langsung ke intinya. Gulir ke bawah untuk melihat hubungan penelitian penambahan berat badan dan alat kontrasepsi, faktor apa saja yang berkontribusi terhadap penambahan berat badan yang terkait dengan pil KB, jenis alat kontrasepsi yang sebenarnya menyebabkan penambahan berat badan, dan banyak lagi. Geser ke atas!

Apakah Pil KB Menyebabkan Kenaikan Berat Badan?

Ada begitu banyak misteri seputar pengendalian kelahiran dan penambahan berat badan sehingga tidak ada yang tahu apa yang fiksi dan fakta ilmiah yang sebenarnya. Dengan masih belum adanya juri, mari kita lihat apa yang kedua belah pihak katakan tentang hal ini.

Pil Kontrasepsi Dan Penambah Berat Badan

Pil KB atau yang populer dengan sebutan “pil” merupakan salah satu metode KB yang banyak diteliti saat ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa pil mungkin tidak menyebabkan penambahan berat badan pada wanita. Sebuah penelitian dilakukan untuk memahami perubahan berat badan setelah pemberian kontrasepsi oral dosis rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat badan wanita tidak bertambah, sehingga membuktikan bahwa pil KB tidak menyebabkan penambahan berat badan.

Suntikan KB Dan Pertambahan Berat Badan

Meskipun pil tidak menyebabkan penambahan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa ada satu jenis alat kontrasepsi yang dapat berkontribusi terhadap bertambahnya berat badan. Medroxyprogesterone acetate yang biasa dikenal dengan suntikan KB, mengandung hormon progestin, hormon sintetis yang meniru progesteron, yang diberikan setiap tiga bulan untuk mencegah kehamilan. Sebuah penelitian dilakukan di mana 703 wanita diberi suntikan alat kontrasepsi dan berat badan mereka diukur selama tiga tahun. Para peneliti menyimpulkan bahwa berat badan wanita tersebut bertambah 11 pon selama tiga tahun dengan peningkatan lemak tubuh sebesar 3,4%.

Seperti yang Anda lihat, ada penelitian yang menunjukkan bahwa pil mungkin tidak menyebabkan penambahan berat badan, namun di sisi lain, suntikan diduga menyebabkan penambahan berat badan. Mari kita baca lebih lanjut untuk memahami faktor-faktor apa saja yang mungkin berkontribusi pada pengendalian kelahiran yang menyebabkan penambahan berat badan.

Jenis Pil Apa yang Paling Mungkin Menyebabkan Kenaikan Berat Badan?

Meskipun metode di atas menurut penelitian tidak mempengaruhi berat badan wanita, ada metode kontrasepsi lain yang dipilih wanita saat ini. Metode KB yang paling umum dan paling populer adalah pil. Banyak wanita melaporkan bahwa berat badan mereka bertambah setelah meminum pil. Mari kita lihat apa yang dikatakan para peneliti tentang hal ini.

  1. Pil Gabungan

Juga dikenal sebagai Kontrasepsi Oral Gabungan (COC), pil kombinasi terdiri dari kombinasi dua hormon, estrogen dan progesteron. Tinjauan literatur dilakukan untuk melihat efek pil kombinasi terhadap berat badan. Peneliti tidak menemukan bukti apapun yang menunjukkan bahwa konsumsi pil kombinasi dapat menyebabkan penambahan berat badan.

  1. Pil khusus Progestin

Pil progestin adalah sejenis kontrasepsi oral yang mengandung hormon progestin wanita, yang digunakan untuk mencegah pembuahan sel telur. Penelitian menunjukkan bahwa pil progestin tidak menyebabkan peningkatan berat badan yang signifikan.

Baca Juga :

Segala Sesuatu yang Ingin Anda Ketahui Tentang Microblading, Tapi Takut Bertanya

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pil KB

Bingung Pilih Pakaian Saat Akan Bukber? Sepertinya Gaya Simpel Ini Akan Membuat Kamu Tampil Modis

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Vitamin Untuk Kesehatan Hati

Hati Anda memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan